DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 16:33 WIB

Kader Datangi PDIP Makassar Dukung Danny Ikuti Pilwalkot 2018

M Bakrie - detikNews
Kader Datangi PDIP Makassar Dukung Danny Ikuti Pilwalkot 2018 Foto: Tim Infografis detikcom
Makassar - Puluhan kader dan pengurus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan se-Kota Makassar, berunjuk rasa di depan kantor PDIP Makassar di Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea Makassar. Mereka menuntut agar rekomendasi Wali Kota Makassar jatuh ke inkumben Mohammad Ramadhan Pomanto.

Salah seorang Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC), Hamzah Dang Lau mengatakan, selama ini Ramadhan Pomanto sudah mendapatkan surat tugas dari DPP PDI Perjuangan. Namun belakangan diisukan rekomendasi akan dialihkan ke bakal calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin.

"Yang datang hari ini semua pengurus dan kader PDIP se-Makassar, menuntut agar Danny Pomanto direkomendasikan menjadi Walikota Makassar, bukan ke calon lain," kata Hamzah, Kamis (13/12/2017).

Menurutnya, kader dan pengurus PDIP Makassar butuh kejelasan sikap partai terkait pengusungan calon Wali Kota. Jika hanya surat tugas yang diberikan, itu belum jelas bentuk dukungannya.

"Kami mau agar Partai ini jelas siapa yang didukung. Kalau hanya surat tugas saja itu belum jelas, DPP harus segera mengeluarkan rekomendasi pencalonan kepada Dani, karena dia yang mengikuti proses dari awal," ujarnya.

Lebih lanjut ia bahkan mengancam, akan menyegel kantor PDIP Makassar jika dukungan partainya dialihkan ke calon lain.

"Kami akan segel kalau dukungannya dialihkan," sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Makassar, Bahar Mahmud berjanji akan menyampaikan sikap kader itu ke tingkat Provinsi. Ia mengaku, Danny sudah mengikuti proses pencalonan yang telah ditentukan oleh PDIP, mulai pendaftaran sampai uji kelayakan.

"Pak Danny ini memang sejak awal ikut prosesnya. Sementara, Pak Munafri itu mendaftar melalui DPP itu pun masa pendaftaran sudah ditutup," terangnya.

Meski begitu, kata dia, pihaknya belum bisa berkomentar banyak karena sampai saat ini, DPP belum memberikan rekomendasi kepada calon Wali Kota Makassar yang akan diusung. Pihaknya masih berpegang pada surat tugas yang telah diberikan kepada Danny Pomanto.

"Kami tidak bisa berandai-andai dulu, karena rekomendasi dari DPP ini belum kita terima sampai saat ini. Jelasnya aspirasi kader ini akan kami sampaikan ke DPW dan DPP," pungkasnya.

Seperti diketahui, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramadhan Pomanto-Indira Mulya Sari sudah melengkapi berkas pencalonan untuk jalur perseorangan di KPU Makassar beberapa waktu lalu.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed