DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 10:32 WIB

Sidang Novanto akan Disiarkan di Praperadilan, Ini Respons Pengacara

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sidang Novanto akan Disiarkan di Praperadilan, Ini Respons Pengacara Foto: Proyektor disiapkan di ruang sidang praperadilan (Vino-detikcom)
Jakarta - KPK telah menyiapkan proyektor dan speaker di ruang sidang praperadilan untuk menampilkan sidang perdana pokok perkara Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Kuasa hukum Novanto mengatakan upaya KPK itu seakan memaksa hakim praperadilan Kusno harus mengambil keputusan hari ini.

"Ya nanti kita lihat seperti apa. Mereka juga kan sudah siapkan proyektor kayanya. Artinya dengan posisi seperti itu. Hakim tunggal dipaksa mengambil keputusan hari ini. Ya kita lihat keputusannya seperti apa. Tinggal kita lihat," kata kuasa hukum Novanto, Ketut Mulya, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Rabu (13/12/2017).




Ketut berpendapat permintaan hakim Kusno untuk membawa bukti dimulai persidangan perdana perkara pokok bisa diterjemahkan beragam. Namun dia akan melihat langsung respons Kusno terkait KPK yang membawa proyektor itu.

"Ya itu kan penerjemahan macam macam. Tapi ya secara etik, kita juga harus menghargai orang lain. Menurut saya begitu," tuturnya.

Sepasang proyektor dan speaker itu dipasang di depan kursi tim biro hukum KPK. Alat itu juga telah terpasang ke laptop.

Salah seorang anggota tim biro hukum KPK, Firman, membenarkan bahwa pemasangan seperangkat alat itu untuk menampilkan bukti persidangan Novanto.

"Iya, persiapan. Ini proyektor, speaker, screen laptop," kata Firman.

Rencananya hari ini KPK akan menghadirkan ahli yaitu pakar hukum tata negara dari UGM, Zainal Arifin Mochtar. Sebelumya KPK juga telah menghadirkan dua ahli pada praperadilan Rabu (12/12) kemarin.
(knv/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed