DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 10:00 WIB

Anies Heran Aliran Kali Pulo Tertutup Rumah Warga Jati Padang

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Anies Heran Aliran Kali Pulo Tertutup Rumah Warga Jati Padang Anies Baswedan cek aliran Kali Pulo di Jati Padang Foto: Noval/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyusuri Kali Pulo di permukiman warga di Jati Padang, Jakarta Selatan. Anies sempat heran melihat aliran kali yang hilang jejak karena tertutup teras rumah warga.

Anies menyusuri Kali Pulo di Jati Padang, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2017). Saat mengecek tanggul, Anies mendapat laporan jika aliran kali tersebut ada yang hilang tertutup rumah warga. Fatimah warga RT 03 RW 06, Kemudian mengantar Anies ke lokasi tersebut.

"Ini Pak, sudah mulai dari situ sudah hilang jejaknya, mudah-mudahan cepat Pak ya (ditindaklanjuti). Ini sampai di sini sudah habis, tinggal selokan. Bangunan sampai di situ sudah teras, sudah nggak ada kali Pak, kalinya sudah hilang, sudah hilang," ujar Fatima saat mengantar Anies.

Fatima kemudian mengajak Anies ke teras rumah yang menutup kali. Akibat bangunan teras rumah tersebut, Kali Pulo tertutup dan menjadi gorong-gorong di bawah teras rumah.

Anies Baswedan cek aliran Kali Pulo di JatipadangAnies Baswedan cek aliran Kali Pulo di Jati Padang Foto: Noval/detikcom

"Bapak biar lihat ya. Nah di sini titiknya, di sini sudah tidak bisa jalan pak," kata Fatima sambil menunjukkan Anies titik sungai yang telah tertutup rumah warga.

Anies lalu bertanya sejak kapan rumah yang menutup kali itu ada. Dia juga menanyakan peran RT dan RW di wilayah tersebut selama ini.

"Mulai tahun berapa ini, dari 2010-an, 7 tahunan. Terus ini (warga) bangun RT/RW-nya diam saja?" tanya Anies.

Fatimah mengatakan RT/RW sudah berkali-kali ganti dan masalah tersebut hanya dibiarkan. "Sampai terus ke bawah sudah seperti ini Pak," jawab Fatimah.

Anies mengatakan akan terjun langsung ke warga untuk meminta agar kali tersebut dinormalisasi. Normalisasi kali yang ditutup rumah warga masuk dalam program jangka panjang.

"Sungainya makin kecil makin sempit sampai akhirnya hilang. Istilah warga sini kalinya itu hilang karena ditutup oleh jalan rumah-rumah nempel semuanya. Ini hulu masalahnya, dan sudah sering kejadian seperti ini. Kalau sering terjadi justru harus ada penanganan yang jangka panjang," jelasnya.


Terkait program jangka pendek untuk banjir di Jati Padang, Anies memastikan tanggul yang akan dibangun dapat menahan air. Debit air dari hulu Kali Pulo juga akan diatur.

"Jadi kita pastikan jangka pendek di sini aman tanggul-tanggul di sekitar sini, yang kedua aman debit sungai ini. Nanti akan dicek di hulunya di Setu Babakan, nanti kita atur airnya nanti bisa dikurangi tanpa membebani daerah lain," imbuhya.
(nvl/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed