DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 22:48 WIB

Anies Sebut Review 8 Pergub Djarot untuk Samakan Visi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Anies Sebut Review 8 Pergub Djarot untuk Samakan Visi Anies dan Djarot duduk semeja saat menghadiri pernikahan putra Habib Ali. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan alasannya meninjau kembali (review) delapan peraturan gubernur yang dikeluarkan pada akhir masa jabatan Djarot Saiful Hidayat saat menjadi Gubernur DKI lalu. Anies mengungkapkan hal itu untuk memastikan kesamaan visi dengan kebijakan-kebijakan tersebut.

"Memastikan kita itu sama. Sama visinya," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Anies menuturkan, dia tak mau ketidaksamaan visi antara Anies-Sandi dan kebijakan yang ada terulang. Misalnya, kata Anies, kebijakan terkait kenaikan dana partai politik.

"Sepuluh kali lipat kan siapa yang punya visi? Kita nggak punya visi itu," ujarnya.

Sebelumnya, Anies menyebut kenaikan dana parpol sebesar 10 kali lipat di APBDP DKI terjadi pada akhir masa jabatan Djarot. Anies pun meminta jajarannya mengkaji ulang delapan pergub yang terbit pada akhir jabatan Djarot.

"Ketika saya cek, ternyata kenaikan (dana parpol) itu terjadi pada APBDP yang ditetapkan pada 2 Oktober 2017 dan diundangkan 13 Oktober 2017," ujarnya.

Anies menyebut ada penetapan bantuan dana parpol yang angkanya 10 kali lipat lebih tinggi. Hal tersebut diteken Djarot pada minggu terakhir masa jabatannya.

"Jadi di minggu terakhir dilakukan penetapan bantuan dana partai politik yang angkanya 10 kali lipat lebih tinggi. Jadi ketika instruksinya disamakan, ya sama dengan yang sebelumnya. Tapi yang kita tidak ketahui bahwa sebelumnya sudah dinaikkan 10 kali lipat," ungkap Anies.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +