DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 21:51 WIB

Warga di Gorontalo Tangkap King Cobra yang Makan Hewan Peliharaan

Farid Utina - detikNews
Warga di Gorontalo Tangkap King Cobra yang Makan Hewan Peliharaan Warga di Desa Barakati, Kecamatan Batudaa, Gorontalo, berhasil menangkap seekor ular king cobra yang kerap memakan hewan peliharaan warga. (Farid Utina/detikcom)
Gorontalo - Warga Desa Barakati, Kecamatan Batudaa, Gorontalo, berhasil menangkap seekor ular king cobra yang kerap memakan hewan peliharaan warga. Ular tersebut ditangkap saat warga hendak berangkat ke kebun jagung.

Warga menangkap ular king cobra tersebut pada Jumat (1/12). Ular tersebut kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gorontalo pada Sabtu (9/12).

Permukiman warga di Desa Barakati memang dekat dengan gua ular. Warga sebelumnya juga kerap beramai-ramai menangkap ular yang muncul ke permukiman.

"Baru-baru ini warga berhasil menangkap ular piton berukuran 3 meter yang berada di bawah kandang ayam. Ular piton ini kemudian dibunuh karena warga resah ular sering memangsa hewan peliharaan mereka," ujar salah seorang warga, Frangki Detuage.

Frangki mengatakan warga kerap menangkap ular di wilayah tersebut. Berbagai jenis ular yang ditangkap ada yang langsung dibunuh dan ada juga yang diserahkan ke BKSDA.

Kepala BKSDA Gorontalo Syamsudin Hadju mengatakan ular king cobra yang diserahkan warga beberapa waktu sempat dikarantina. Namun ular berukuran 2 meter itu langsung dilepaskan kembali di gua ular.

"Itu sudah kami lepaskan bersama teman-teman dari pencinta satwa dan disaksikan pula oleh masyarakat," kata Syamsudin.
(nvl/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed