Idrus Marham Bela Novanto soal Penunjukan Aziz Jadi Ketua DPR

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 12 Des 2017 18:26 WIB
Idrus Marham (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Golkar Setya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin menggantikannya sebagai Ketua DPR, meski akhirnya ditolak DPR. Plt Ketua Umum Golkar Idrus Marham membela sikap Novanto.

"Dalam tata kerja kita memang menempatkan ketum di posisi kunci yang punya kewenangan untuk menentukan segala kebijakan, termasuk mendistribusikan posisi kader-kader. Termasuk posisi Ketua DPR," ujar Idrus membela Novanto. Idrus diwawancarai wartawan di Hotel Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (12/12/2017).

Pasal 24 Anggaran Rumah Tangga (ART) dan Pasal 20 Anggaran Dasar Golkar, kata Idrus, memuat aturan keputusan strategis partai bisa dibicarakan DPP bersama Dewan Pembina. Soal penunjukan Aziz, kata Idrus, hal itu telah diwakilkan DPP, dalam hal ini Ketum Golkar dan dirinya sebagai Sekjen serta Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie.


Mengacu pada hal di atas, Idrus yakin penunjukan Aziz sebagai Ketua DPR sudah tepat meski Partai Golkar punya tata kerja yang mengikat. Soal kontroversi Aziz, Idrus menekankan hal ini terjadi lantaran lingkup internal Golkar sedang bergejolak.

"Sebelumnya pengisian menteri nggak ada tuh ramai, dubes juga. Nah, saya melihat ini hanya karena ada dinamika internal Golkar yang mewarnai," ucapnya.

Idrus menegaskan Novanto, yang kemarin masih berstatus Ketua DPR dan Ketum Golkar, punya kewenangan menunjuk seseorang sebagai penggantinya. Karena Novanto telah berkomunikasi dengan Ical selaku Ketua Dewan Pembina Golkar, Idrus menegaskan proses penunjukan Aziz sudah benar.

"Saya kembali ke tata kerja yang ada. Yang diajak bicara pada waktu itu pada hari Jumat adalah ketua dewan pembina (Ical) dan ketua dewan pembina beri rekomendasi. Jadi saya kira proses ini udah dibicarakan," ucapnya.

"Nah ini jadi ramai karena ada proyeksi kemungkinan munaslub sehingga konfigurasi politik Golkar sekarang sangat dinamis," pungkas Idrus. (tor/tor)