DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 15:57 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Pacific Leaders Forum 2017

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Pacific Leaders Forum 2017 Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho (Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah Asia Pacific Leaders Forum (APLF) 2017. APLF 2017 mengambil tema tentang open government dan sejumlah kepala daerah di Indonesia bakal menjadi pembicara.

"Open government ini satu-satunya jalan kalau kita mau efektif, wujud nyata reformasi, bagi publik itu keterlibatan publik," kata Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho di kantornya, gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Indonesia merupakan satu di antara delapan negara yang memprakarsai open government partnership (OGP). Karena itu, tahun ini Indonesia ditunjuk untuk menjadi tuan rumah acara internasional tersebut.

Acara ini akan dihadiri para pejabat publik dari berbagai negara. Tokoh yang akan hadir di antaranya Wakil Presiden Afganistan Mohammad Sarwar Danish dan Menteri Kehakiman Georgia Kakha Kakhisvili.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Bappenas, Kementerian Luar Negeri, dan Kantor Staf Presiden. Ketiga lembaga ini telah mengumpulkan sejumlah tokoh nasional yang dinilai layak berbagi pengalaman menerapkan pemerintahan terbuka kepada delegasi negara-negara sahabat.

"Open government merupakan salah satu dari Nawacita Presiden Jokowi," imbuh Yanuar.

APLF 2017 akan berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/12) mendatang. Acara berlangsung selama sehari penuh dengan format meja bundar.
(bpn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed