MUI Pimpin Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS Hari Minggu

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 12 Des 2017 13:43 WIB
Majelis Ulama Indonesia (Foto: Ari Saputra/detikFoto)
Jakarta - Aksi Bela Palestina akan digelar pada Minggu (15/12) nanti di Jakarta. Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) KH Bachtiar Nasir mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memimpin aksi ini.

"Hari ini kita umumkan bahwa insyaallah Majelis Ulama Indonesia akan bersedia memimpin aksi umat Islam bersatu membela Palestina," kata Bachtiar dalam jumpa pers di Masjid Raya Pondok Indah, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2017).

Bachtiar menjelaskan, Aksi Bela Palestina pada Minggu (17/12) nanti sebagai bentuk solidaritas Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia. Dia pun mengajak warga untuk ikut terlibat dalam aksi ini.

Menurut Bachtiar, acara dimulai dari pukul 06.00 WIB. Massa diharapkan berkumpul di sekitar Monas dan sekitar Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Jakarta Pusat.

"Agenda ini kami buat sebagai bentuk keberpihakan kami kepada Palestina yang terzalimi," ujar Bachtiar.

Sementara itu Wakil Ketua GNPF MUI yang juga Wasekjen MUI Bidang Hubungan Luar Negeri ustaz Zaitun Rasmin juga memberi dukungan terhadap Palestina. Menurutnya, MUI mendukung penuh Aksi Bela Palestina tersebut.

"Dalam rapat Majelis Ulama Indonesia telah diputuskan untuk MUI melakukan unjuk rasa bersama kaum muslimin bahkan bersama bangsa ini," katanya.

Menurut dia, kemerdekaan Palestina mutlak harus didukung karena Indonesia juga menolak segala bentuk penjajahan di atas muka bumi.

"Yang perlu disampaikan bahwa MUI merasa umat harus benar-benar bersatu untuk pembelaan terhadap Palestina," ujarnya. (hri/fdn)