DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 12:42 WIB

Bangun Jamban hingga Irigasi, KSAD Sebut TNI Bangun Desa Memuaskan

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Bangun Jamban hingga Irigasi, KSAD Sebut TNI Bangun Desa Memuaskan KSAD Jenderal TNI Mulyono (Aditya Fajar/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf AD Jenderal TNI Mulyono memaparkan hasil pencapaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada 2017. Menurutnya, program TNI Bangun Desa itu telah berjalan baik dan mendapat antusiasme positif dari rakyat.

"Hasilnya sangat memuaskan sekali. Hal ini untuk menumbuhkan persaudaraan yang erat TNI dengan rakyat, saling memahami kehidupan satu sama lainnya," ucapnya di Balai Sudirman, Jl Dr Prof Soepomo, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).

Mulyono menjelaskan, secara fisik, TMMD telah membangun dan merehabilitasi jalan sepanjang 4.545.137 meter, saluran irigasi 62.684 meter, serta rumah layak huni.

"Kita sudah membuat talud, saluran air, parit, dan irigasi sepanjang 62.684 meter. Rehab rumah tidak layak huni sebanyak 706 unit. Kemudian, pembuatan jamban sebanyak 467 unit, rehabilitasi gorong-gorong sebanyak 239 unit, rehab jembatan sebanyak 164 unit, dan penanaman pohon sebanyak 12.970 pohon," papar Mulyono.

Bangun Jamban hingga Irigasi, KSAD Sebut TNI Bangun Desa MemuaskanKSAD Jenderal TNI Mulyono memaparkan hasil program TNI Bangun Desa 2017. (Aditya Fajar/detikcom)


Sedangkan untuk kegiatan nonfisik, Mulyono menyebut berbagai penyuluhan kesehatan dan kegiatan sosial telah dilakukan. Selain itu, Mulyono mengatakan, bersama pemerintah kota dan kabupaten, program TMMD ini akan dirasakan oleh rakyat.

"Kami memiliki dana ada kemudian kami memiliki kemudahan dan sarana yang membuat TMMD ini bukan dana tapi TNI mempunyai kemampuan alat dan prasarana. Kita juga memiliki dana yang ada jadi dengan kami terpadu dengan daerah bisa kami optimalkan," tuturnya.
(adf/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed