DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 10:59 WIB

Jokowi Bertolak ke Turki untuk Bahas Palestina di KTT OKI

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi Bertolak ke Turki untuk Bahas Palestina di KTT OKI Presiden Jokowi dan para menteri bertolak ke Turki menghadiri KTT OKI (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Organisasi Kerja sama Islam (OKI) menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Turki menyusul pengakuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Presiden Jokowi pun menuju Turki untuk mengikuti agenda tersebut.

Jokowi bertolak menuju Turki dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017). Sejumlah menteri turut mendampingi Jokowi.

"Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina," kata Jokowi sebelum naik pesawat.


KTT tersebut akan berlangsung pada Rabu, 13 Desember 2017, waktu setempat. Jokowi menilai pertemuan ini sangat penting.

Turki yang saat ini memegang kepemimpinan bergilir OKI jadi tuan rumah dalam KTT ini. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya menyatakan bahwa dunia Islam harus bergerak menanggapi keputusan Trump ini.

Presiden Jokowi dan para menteri Kabinet Kerja akan bertolak ke TurkiPresiden Jokowi dan para menteri Kabinet Kerja akan bertolak ke Turki Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
"...ini bisa berujung pada pemutusan hubungan antara Turki dengan Israel. Saya memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak mengambil langkah yang akan memperdalam masalah di kawasan," kata Erdogan seperti dilansir AFP, Rabu (6/12) lalu.

Indonesia sendiri tak memiliki hubungan bilateral dengan Israel. Jokowi pun sebelumnya telah menegaskan keberpihakan RI kepada Palestina.
(bpn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed