DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 09:53 WIB

TNI Gelar Rapat soal Bangun Desa, Panglima Hadi Tak Hadir

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
TNI Gelar Rapat soal Bangun Desa, Panglima Hadi Tak Hadir Rapat paripurna TNI Manunggal Membangun Desa atau Rapurna TMMD ke-38 (Foto: Aditya Fajar/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak hadir dalam rapat paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (rapurna TMMD) ke-38. Namun, Hadi menitipkan pesan dan salam pada seluruh peserta yang hadir.

"Panglima seharusnya berkenan hadir namun karena satu dan lain hal, beliau tidak dapat hadir. Beliau mengucapkan selamat dan salam kepada seluruh peserta rapurna TMMD ke-38 tahun anggaran 2017," ujar Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya Didit Herdiawan dalam sambutannya di Balai Sudirman, Jalan Dr Prof Soepomo, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).


Didit menjelaskan TMMD yang dulu dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa telah dilakukan sejak 1980. Kegiatan itu disebut Didit ditujukan untuk mempercepat pembangunan desa di seluruh wilayah Indonesia.

"Target sasaran di pedesaan-pedesaan miskin, terisolasi, terbelakang maupun di wilayah perbatasan serta daerah-daerah yang terkena dampak musibah serta bencana," ujar Didit.

Menurut Didit, anggaran yang dikeluarkan TNI untuk kegiatan itu cukup besar. Namun, Didit menyebut TMMD telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk lebih mempercepat pembangunan.


"Dalam nilai-nilai kebersamaan gotong royong dengan program pemerintah daerah membantu membangkitkan ekonomi masyarakat pedesaan baik fisik maupun non fisik di mana TMMD telah melakukan perubahan yang sebelumnya 2 kali dalam 1 tahun kini menjadi 3 kali dalam setahun yang telah dimulai tahun ini," jelas Didit.

"Selanjutnya kegiatan TMMD yang dilaksanakan tiap tahunnya dilakukan rapurna untuk mengevaluasi dan persiapan lebih matang di tahun yang akan datang. Untuk itu Rapurna TMMD ke-38 dinyatakan resmi dibuka," imbuh Didit.

Tampak hadir sejumlah perwira tinggi TNI seperti KSAD Jenderal TNI Mulyono. Tak lupa pimpinan kepala daerah produktif yang membantu kegiatan TMMD.
(adf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed