DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 20:14 WIB

Dapat Penghargaan Kota Cerdas, Pemkot Semarang Sudah Lakukan Ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Dapat Penghargaan Kota Cerdas, Pemkot Semarang Sudah Lakukan Ini Pemkot Semarang dinobatkan sebagai salah satu Kota Cerdas di Indonesia
Semarang - Kota Semarang kembali menyabet penghargaan pada akhir 2017. Kali ini ibu kota Jawa Tengah itu dinobatkan sebagai salah satu Kota Cerdas di Indonesia.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi alias Hendi. Penghargaan tersebut bernama 'Rating Kota Cerdas Indonesia 2017'.

Survei rating Kota Cerdas dilakukan di 93 daerah di Indonesia dan Kota Semarang dinobatkan sebagai salah satunya. Hendi mengatakan Kota Semarang sudah menjalankan program Kota Cerdas atau Smart City sejak 2013.

"Tahun 2013 kita sudah launching Kota Cerdas atau Smart City. Dalam empat tahun sudah diapresiasi pemerintah pusat," kata Hendi di Balai Kota Semarang setelah kembali dari Jakarta, Senin (11/12/2017).

Program Smart City di Semarang ditujukan untuk memperbaiki birokrasi agar lebih meningkatkan dan mempermudah pelayanan dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, memberikan kemudahan kepada warga Kota Semarang untuk mengakses beberapa hal.

Salah satu teknologi yang banyak digunakan di Kota Semarang adalah Air Traffic Control System (ATCS), yaitu aplikasi Android yang memungkinkan warga melihat tampilan CCTV di berbagai titik di Kota semarang secara live.

"Animo masyarakat cukup besar terhadap aplikasi tersebut. Karena masyarakat memang butuh itu untuk memantau lalu lintas yang akan dilewati," terang Hendi.

Tercatat ATCS Kota Semarang sudah dimanfaatkan oleh 50 ribu pengguna aktif. Penggunanya jauh lebih banyak dibanding ATCS daerah lain dan menjadi urutan ketiga terbanyak digunakan setelah NTMC Polri dan Jasa Marga Live.
(alg/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed