DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 20:15 WIB

Jalur Puncak Ditutup pada Malam Tahun Baru Mulai Pukul 18.00 WIB

Mei Amelia R - detikNews
Jalur Puncak Ditutup pada Malam Tahun Baru Mulai Pukul 18.00 WIB Ilustrasi (Foto: dok. Istimewa)
Bogor - Kawasan Puncak, Bogor, akan ditutup pada malam pergantian tahun, 31 Desember nanti. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan yang berpotensi menimbulkan kemacetan parah.

"Hanya kendaraan roda dua yang boleh lewat," ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama kepada detikcom, Senin (11/12/2017).

Penutupan dimulai pada pukul 18.00 WIB Minggu (31/12/2017) hingga pukul 06.00 WIB pada Senin (1/1/2018). Masyarakat yang hendak ke Bogor menggunakan mobil pribadi disarankan datang lebih awal.

"Penutupan dimulai dari Simpang Sirait berkisar 1 Km dari Gerbang Tol Ciawi," lanjut Hasby.

Masyarakat yang akan ke Cianjur akan dialihkan lewat Sukabumi atau bisa menggunakan jalur Cileungsi-Jonggol. Polres Bogor bekerja sama dengan Polres Cianjur untuk pengamanan maksimal jalur Puncak tersebut.

Kawasan Puncak menjadi salah satu destinasi masyarakat untuk merayakan pergantian tahun. Kemacetan di kawasan Puncak kerap terjadi akibat volume kendaraan yang melonjak dari hari biasanya.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kepadatan terjadi karena peningkatan jumlah kendaraan yang akan masuk atau berlibur ke wilayah Puncak, Bogor, sehingga mengakibatkan kemacetan yang berkemungkinan tidak bergerak karena kantong-kantong parkir serta tempat wisata sudah penuh dengan wisatawan yang datang," papar Hasby.

Polres Bogor mulai mensosialisasikan penutupan kawasan Puncak pada malam tahun baru itu dengan memasang banner dan spanduk di GT Cibubur Utama dan GT Ciawi pada Senin (11/12) siang.

"Semoga spanduk-spanduk yang dipasang ini dapat dipahami dan kemudian dipatuhi oleh setiap pengemudi yang melintas, dengan harapan kemacetan lalu lintas pun dapat dihindari oleh masyarakat yang akan berwisata memperingati malam pergantian tahun di wilayah Puncak, Bogor," papar Hasby.

Terkait pengamanan pergantian tahun, khususnya di jalur Puncak, Polres Bogor mengerahkan 300 personel yang akan disebar ke titik-titik rawan kemacetan. Polisi akan melakukan kanalisasi median di tengah jalan untuk menghindari kendaraan melintas di lajur yang berlawanan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto telah mengecek kesiapan jalur Puncak dalam menghadapi pesta pergantian tahun. Dalam pengecekan tersebut, Kapolda berpesan agar personel kepolisian bekerja sama dengan instansi terkait agar pelayanan masyarakat dapat maksimal.

"Sehingga tidak ada egosentris instansi dan kita harus saling support," tutur Irjen Agung Budi Maryoto.
(mei/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed