DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 18:09 WIB

Meninggal di India, Pesepeda Asal Bogor Sudah Lintasi 7 Negara

Farhan - detikNews
Meninggal di India, Pesepeda Asal Bogor Sudah Lintasi 7 Negara
Bogor - Umartono Nafal Quryanto (28), pesepeda asal Indonesia, ditemukan meninggal di jurang daerah Uttarakhand, India, saat melakukan solo touring menggunakan sepeda Indonesia-Nepal. Sebelum ditemukan tewas, pria yang biasa disapa Nafal ini sudah melintasi tujuh negara menggunakan sepeda.

Dengan sepeda hasil rakitannya sendiri, Nafal mulai menggowes sepedanya dari Batam menuju Singapura. Setelah sempat bertemu dengan komunitas sepeda di Singapura untuk berkonsultasi tentang rute menuju Nepal, Nafal kemudian melanjutkan perjalanan menuju Malaysia, Vietnam, Lawu, Myanmar, Thailand, dan India.

"Jadi dia (Nafal) sudah melewati tujuh negara, dan sudah melakukan perjalanan selama 165 hari dengan sepeda," kata kakap ipar Nafal, Wahyu Indarto, saat ditemui di kediamannya di Perumahan Terra Griya, Kota Bogor, Senin (11/12/2017).

Nafal berangkat dari Bogor menuju Nepal pada 10 Mei 2017 atau sehari sebelum hari ulang tahun Nafal yang ke-28. Rencananya, Nafal kembali ke Indonesia pada Januari 2018 setelah mimpinya bersepeda Indonesia-Nepal tercapai.

Sayang, perjalanan Nafal berakhir di jurang saat melintasi jalur berbahaya di kawasan Uttarakhand, India. Ia ditemukan meninggal oleh penduduk sekitar di tepi jurang menuju perbatasan Nepal bersama sepedanya.

Belum diketahui pasti penyebab kematiannya, namun pihak kepolisian setempat menyebut Nafal diduga meninggal dua hari sebelum ia ditemukan.

"Jadi dia ditemukan sudah di jurang, itu karena ada warna dari tasnya, warnanya kan glow itu. Kalau dari informasi polisi setempat, katanya itu sudah meninggal dua hari sebelum dia ditemukan," kata Wahyu.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed