DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 14:18 WIB

Jokowi: Saya Mau Buat Lomba Pangkas Peraturan, Dapat Hadiah

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi: Saya Mau Buat Lomba Pangkas Peraturan, Dapat Hadiah Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Sudah biasa bila Presiden Jokowi bagi-bagi hadiah sepeda setelah mengajukan pertanyaan. Tapi kali ini, Jokowi berniat bikin cara beda untuk bagi-bagi hadiah.

"Nanti mau saya buat lomba, siapa yang bisa mangkas peraturan-peraturan saya beri hadiah," kata Jokowi di hadapan sejumlah kepala daerah dan pejabat publik lainnya dalam Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) di Menara Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017).

Pernyataannya itu menyusul setelah dia mengungkapkan betapa pentingnya memangkas regulasi untuk kelancaran kebijakan. Belum lagi ketika regulasi justru mendorong munculnya praktik pungutan liar alias pungli.


"Menjengkelkan! Setiap bergerak ada aturannya, ada izinnya, ada persyaratannya, inilah fakta yang kita hadapi," kata Jokowi.

Tapi Jokowi tak menyebutkan hadiah apa yang dia siapkan untuk wacana lomba ini. Jokowi hanya ingin proses eksekusi kebijakan berjalan cepat tanpa ada hambatan regulasi yang bertumpuk-tumpuk.

"Jangan lagi jadi alat pemerasan, pemungutan liar, tidak boleh ada lagi yang ngejelimet-jelimet, ruwet-ruwet. Saya kalau sudah lihat urusan aturan, regulasi buanyak sekali, bukan banyak tapi buaaaanyaaaak sekali," ujar dia.

Jokowi berpesan agar kebijakan publik tidak terjebak oleh regulasi yang dibuat sendiri. Untuk itu perlu semakin banyak daerah yang menerapkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).
(bag/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed