DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 07:25 WIB

Komisi IX: Jangan Takut, Vaksin Difteri Aman

Ibnu Hariyanto - detikNews
Komisi IX: Jangan Takut, Vaksin Difteri Aman Foto: Thinkstock
Jakarta - DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat akan melaksanakan imunisasi Difteri serempak. Anggota Komisi IX DPR Dede Yusuf meyakinkan vaksin yang digunakan aman sehingga masyarakat tidak perlu takut lagi.


"Dan jangan takut karena vaksin ini tidak dibuat dari bahan-bahan yang berbahaya gitu," kata Dede Yusuf saat dihubungi detikcom, Senin (11/12/2017).

Dede mengimbau masyarakat tidak ragu lagi untuk mengikuti kegiatan imunisasi itu. Dia juga meminta kepada masyarakat agar segera mengimunisasi putra-putrinya dan bagi yang di dalam rumah sudah ada yang tertular untuk segera memeriksakan kesehatan ke klinik atau rumah sakit terdekat.


"Karena satunya cara pencegahan penyebaran ya sebanyak mungkin melakukan vaksin untuk menahan penyebarannya lebih lanjut," kata Dede.

Dede menambahkan sebenarnya program imunisasi difteri sudah dilakukan juga tahun lalu. Namun karena tingkat partisipasi masyarakat masih kecil. Menurut Dede, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan belum bisa menyakinkan masyarakat tentang pentingnya vaksin.


"Jadi imunisasi difteri ini sudah dilakukan tahun lalu. Artinya banyak yang belum melakukan itu menujukan bahwa Kemenkes termasuk Pemda belum berhasil menyakinkan masyarakat, terutama yang sebagian yang menolak. Kami juga mengecek apakah ada vaksin palsu sampai sekarang belum kami temukan. Jadi ini benar harus menjadi kesadaran bersama. Kami minta pemerintah lebih serius dalam mengingatkan institusi-institusi di bawahnya, misalnya kami bicara mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, desa untuk mengimbau warganya untuk bermitra dengan posyandu, PKK hingga karang taruna untuk menginfokan kepada warga," bebernya.
(ibh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed