Sebelum Sertijab, Jenderal Gatot Pamitan ke Jajaran Mabes TNI Besok

Sebelum Sertijab, Jenderal Gatot Pamitan ke Jajaran Mabes TNI Besok

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jumat, 08 Des 2017 16:13 WIB
Marsekal Hadi dan Jenderal Gatot. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Marsekal Hadi dan Jenderal Gatot. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Serah-terima jabatan Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Marsekal Hadi Tjahjanto akan digelar esok hari di Mabes TNI. Sebelum sertijab dilakukan, Jenderal Gatot akan 'berpamitan' kepada para petinggi di jajaran Mabes TNI dalam acara exit briefing.

"Sertijab mulai berangkai pukul 09.00 WIB, exit briefing dulu kepada komandan-komandan satuan," ujar Kapuspen TNI Brigjen Sabrar Fadhilah saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (8/12/2017).

Rangkaian sertijab akan digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12). Setelah Jenderal Gatot berpamitan kepada para komandan satuan, akan ada pembacaan memorandum sertijab Panglima TNI kepada Marsekal Hadi.


"Kemudian pembacaan memorandum. Lalu tanda tangan sertijab, upacara di depan pasukan," terang Fadhilah.

Apel sertijab digelar di hadapan pasukan dari seluruh matra. Biasanya para petinggi dan komandan tiap-tiap satuan akan hadir dalam acara ini.

Menurut Fadhilah, Jenderal Gatot akan menjadi perwira tinggi Mabes TNI hingga masa pensiunnya nanti pada Maret 2018. Jenderal Gatot tidak mengajukan permohonan pensiun dini.


"Pati Mabes TNI sampai Maret. Nggak ada (pensiun dini)," Fadhilah menjelaskan.

Seperti diketahui, Marsekal Hadi akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara sore nanti sebagai Panglima TNI. Pria yang masih menjabat sebagai KSAU itu telah mendapatkan persetujuan DPR melalui pengambilan keputusan di sidang paripurna kemarin, Kamis (7/12). (elz/idh)