Komisi I: Usai Marsekal Hadi Dilantik, Dilanjutkan Sertijab Panglima

Komisi I: Usai Marsekal Hadi Dilantik, Dilanjutkan Sertijab Panglima

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 08 Des 2017 11:10 WIB
Calon Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Calon Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Komisi I DPR, yang membidangi pertahanan, menyebutkan Marsekal Hadi Tjahjanto akan dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi sore ini. Seusai acara pelantikan, acara dilanjutkan serah-terima jabatan dengan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais.Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais (Ari Saputra/detikcom)

"Informasinya, pelantikan sore ini oleh Presiden dan dilanjutkan sertijab di Mabes TNI dari Pak Gatot ke Panglima baru, Pak Hadi," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais saat dimintai konfirmasi, Jumat (8/12/2017).


Informasi yang beredar, Marsekal Hadi akan dilantik sore ini di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. Hal ini disampaikan oleh pihak TNI AU.

"Sementara infonya seperti itu. Kita juga menunggu info lebih lanjut," ujar Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya saat dimintai konfirmasi.


Seperti diketahui, Marsekal Hadi telah mendapat persetujuan dari DPR untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo, yang akan pensiun pada Maret 2018. Hadi sudah menjalani fit and proper test dari DPR pada Rabu (6/12).

Selain itu, Jenderal Gatot sudah berpamitan kepada prajurit TNI. Ia berpamitan dengan Kostrad dan Kopassus.


"Dari dua hari ini kan saya melaksanakan proses itu ya, sampai dengan paripurna. Mulai Komisi I, kemudian sore ini sudah dilaporkan kepada Ketua DPR. Sehingga perasaan saya sudah plong ya," kata Hadi setelah mengikuti sidang paripurna di gedung Nusantara II, kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/12). (dkp/dkp)