DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 21:27 WIB

Madagaskar akan Buka Kedutaan Besar di Indonesia pada 2018

Tsarina Maharani - detikNews
Madagaskar akan Buka Kedutaan Besar di Indonesia pada 2018 Menteri Komunikasi dan Hubungan dengan Institusi Madagaskar, Harry Laurent Rahajason, dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Madagaskar akan membuka kantor kedutaan besarnya di Indonesia pada 2018. Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Hubungan dengan Institusi Madagaskar, Harry Laurent Rahajason, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi.

"Seperti yang saya sampaikan tadi dengan Menlu, bahwa pemerintah Madagaskar berencana untuk membuka perwakilannya di Indonesia pada 2018," ujar Rahajason seusai pertemuan bilateral dengan Menlu Retno di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jl BSD Grand Boulevard, Tangerang, Kamis (7/12/2017).

Rahajason mengatakan negaranya ingin mempererat hubungan kerja sama dengan Indonesia. Kerja sama itu terutama dalam aspek ekonomi, infrastruktur, dan militer.

"Kami ingin makin mempererat hubungan kerja sama, terutama di bidang ekonomi, infrastruktur, dan kerja sama di bidang militer," kata Rahajason.
Madagaskar akan Buka Kedutaan Besar di Indonesia pada Tahun 2018Menteri Komunikasi dan Hubungan dengan Institusi Madagaskar, Harry Laurent Rahajason, dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. (Tsarina/detikcom)

Rencana-rencana pemerintah Madagaskar tersebut disambut baik oleh Retno. Menurut Retno, banyak perusahaan BUMN Indonesia yang tertarik berinvestasi di negara tersebut.

"Kita menerima informasi Madagaskar ingin meningkatkan hubungan dengan Indonesia dan merencanakan akan membuka kantor Kedubes Madagaskar di Indonesia dalam waktu yang tidak terlalu lama," tutur Retno.

"Tadi kita juga bicara soal kerja sama ekonomi, Menteri Komunikasi dan Hubungan Madagaskar menyampaikan harapan agar investasi Indonesia juga dapat masuk ke Madagaskar dengan dua fokus, yaitu di bidang infrastruktur dan renewable energy. Dari Indonesia, saya menyampaikan ada ketertarikan dari BUMN-BUMN Indonesia untuk ikut membangun atau berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Madagaskar," imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Retno sekaligus mengundang Madagaskar untuk hadir dalam acara Forum Indonesia-Afrika pada April 2018. Ini merupakan forum bisnis untuk memperkuat hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika.

"Kesempatan ini saya pakai untuk mengundang Madagaskar untuk berpartisipasi di dalam Forum Indonesia-Afrika. Forum yang akan dilakukan pada tahun depan dengan tujuan mendekatkan hubungan ekonomi, antara private sector business to business antara Indonesia dengan Afrika," tutup Retno.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed