DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 20:50 WIB

Jaksa: Andi Gunakan Pengaruh Setya Novanto di Proyek e-KTP

Faiq Hidayat - detikNews
Jaksa: Andi Gunakan Pengaruh Setya Novanto di Proyek e-KTP Andi Narogong (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Andi Agustinus alias Andi Narogong dituntut jaksa KPK 8 tahun penjara. Jaksa menyebut Andi menggunakan pengaruh serta wewenang Setya Novanto untuk terlibat dalam proyek e-KTP.

"Terdakwa (Andi Narogong) telah menggunakan pengaruh wewenang Setya Novanto untuk ikut terlibat dalam proses pembahasan anggaran dan pengadaan barang atau jasa secara melawan hukum," ujar jaksa saat sidang tuntutan terdakwa Andi Narogong di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Menurut jaksa, Andi merupakan orang dekat Novanto dalam proses proyek e-KTP. Karena itu, Andi Narogong menyalahgunakan kesempatan atau sarana jabatan Novanto.

"Perspektif Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP, Andi juga telah menyalahgunakan kewenangan Setya Novanto yang ada padanya karena jabatannya selaku Ketua Fraksi Golkar, yang mempunyai wewenang di bidang budgeting atau penganggaran serta menyalahgunakan wewenang Irman, Sugiharto, dan Drajat Wisnu," ujar jaksa.

Atas perbuatan tersebut, jaksa menyatakan Andi bekerja sama dengan Setya Novanto, Diah Anggraeni, Drajat Wisnu, Isnu Edhi Wijaya, Irman, Anang, dan Sugiharto. Menurut jaksa, unsur itu membuat Andi terbukti melanggar Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

"Oleh karena itu, perbuatan terdakwa masuk dalam klarifikasi turut serta melakukan perbuatan ini," kata jaksa.
(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed