DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 19:32 WIB

JK soal Yerusalem: Indonesia Berdiri di Belakang Rakyat Palestina

Raja Adil Siregar - detikNews
JK soal Yerusalem: Indonesia Berdiri di Belakang Rakyat Palestina
Palembang - Wapres Jusuf Kalla menyikapi tegas keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. JK menyatakan secara tegas posisi Indonesia berada di belakang rakyat Palestina.

"Indonesia tetap berdiri di belakang rakyat Palestina. Kita juga tidak setuju dengan kebijakan yang diambil Amerika soal itu (Yerusalem menjadi ibu kota Israel)," kata JK setelah meninjau sejumlah venue di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis (7/12/2017).

Dalam kesempatan itu, JK menilai permasalahan Yerusalem seharusnya diselesaikan tidak secara sepihak. Tetapi harus ada kesepakatan bersama sebelum akhirnya diambil keputusan, dan Indonesia mengecam keputusan ini.

"Masalah Yerusalem harus diselesaikan bersama, tidak bisa Amerika dengan sepihak menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel," sambungnya.

Dengan adanya pernyataan yang dibacakan Donald Trump dalam pidato publik pada Rabu (6/12) siang waktu AS, AS menegaskan pengakuan ini tidak melunturkan komitmen terhadap upaya perdamaian Israel-Palestina. AS juga menjadi negara pertama di dunia yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed