DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 16:32 WIB

Cerita Diplomasi Menlu Retno ke Berbagai Negara demi Yerusalem

Tsarina Maharina - detikNews
Cerita Diplomasi Menlu Retno ke Berbagai Negara demi Yerusalem Menlu Retno di BDF (Tsarina Maharani/detikcom)
Tangerang - Indonesia sudah melakukan upaya diplomasi sebelum Presiden AS Donald Trump resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Langkah diplomasi itu dilakukan oleh Menlu RI Retno LP Marsudi.

Retno mengatakan, pada Rabu (6/12/2017) kemarin, dia berkomunikasi dengan banyak menteri luar negeri dari negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Trump sendiri memberi pernyataan resmi pada Kamis (7/12) dini hari tadi atau Rabu (6/12) waktu setempat.

"Semua menteri yang saya ajak bicara, mereka menolak (sikap AS). Isi dari pengumuman itu belum terjadi ya. Dan mereka juga telah mencoba berbicara dengan pihak AS. Demikian dengan Indonesia," kata Retno kepada wartawan di sela-sela acara Bali Democracy Forum ke-10, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Jl BSD Grand Boulevard, Tangerang, Kamis (7/12).



Retno juga menghubungi Menlu AS Rex Tillerson pada Rabu (6/12) malam untuk menegaskan sikap Indonesia. Meski demikian, AS tetap melanjutkan rencana dengan pengumuman resmi yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Seusai pengumuman resmi dari Trump, Presiden Jokowi sudah menegaskan sikap bahwa Indonesia mengecam keras klaim sepihak AS itu. Kini, upaya diplomasi terus dilanjutkan, terutama dengan negara-negara OKI. Hasilnya, akan ada sidang khusus OKI pada 13 Desember 2017, yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.



Selain itu, PTRI New York melakukan kontak dengan Dewan Keamanan PBB. Menlu Retno menugasi PTRI menyampaikan sikap Indonesia ke DK PBB.

"Jadi kita tidak hanya bergerak di Jakarta, tidak hanya bergerak di OKI, kita bekerja sama juga dengan nonblok, dengan GNP, kita juga berkomunikasi dengan anggota DK PBB, dan saya juga berkomunikasi dengan Undersecretary of the UN. Jadi kita gunakan apa pun yang kita lakukan," tegas Retno.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed