DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 11:42 WIB

Komisi I: Insyaallah Marsekal Hadi Tak akan Berpolitik Praktis

Ibnu Hariyanto - detikNews
Komisi I: Insyaallah Marsekal Hadi Tak akan Berpolitik Praktis Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Komisi I DPR mantap menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI. Komisi I DPR yakin Hadi tak akan berpolitik praktis.

"Marsekal Hadi Tjahjanto sama kita ketahui sebagai KSAU tidak pernah membuat pernyataan-pernyataan yang berbau politik atau dekat dengan politik sehingga kita cukup yakin bahwa beliau insyaallah tidak akan berpolitik praktis ataupun membantu kelompok politik tertentu," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di rumah dinas Marsekal Hadi, Jalan Rajawali Timur Blok E1, Kompleks Lanud Halim Perdanakusuma, Jaktim, Kamis (7/12/2017).


Hal ini disampaikan Meutya setelah menerima undangan Hadi untuk silaturahmi. Ia menilai Hadi figur yang tepat untuk menjaga stabilitas NKRI pada tahun politik.

"Beliau pas untuk masa-masa menjelang tahun-tahun politik yang untuk memastikan bahwa TNI tidak berpolitik praktis. Itu yang paling utama selain kapasitas kompetensi, beliau sudah tahu perwira dengan karier yang cemerlang dan cepat," tutur Ketua DPP Golkar ini.


Marsekal Hadi lulus fit and proper test sebagai Panglima TNI oleh Komisi I DPR pada hari Rabu (6/12) dan akan dibawa ke sidang paripurna DPR siang ini untuk meminta persetujuan peserta sidang. Soal pelantikan oleh Presiden Jokowi, Meutya belum bisa memastikannya.


"Kami belum tahu, tapi hari ini untuk memastikan, disampaikan hari ini pukul 14.00 WIB dan di situ nanti DPR akan berkirim surat kepada Presiden. Pelantikan berikutnya sepenuhnya proses ada di pemerintah," pungkasnya.
(ibh/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed