DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 10:48 WIB

Diserahkan ke Kejari Depok, Bos First Travel Cek Kesehatan

Zunita Amalia Putri - detikNews
Diserahkan ke Kejari Depok, Bos First Travel Cek Kesehatan Bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan di PN Jakpus. (Foto: dok. detikcom)
Depok - Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri akan menyerahkan berkas perkara dan tersangka kasus dugaan penipuan perjalanan umrah. Ketiga tersangka, yakni bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan termasuk Kiki Hasibuan, dibawa ke Kejari Depok.

"Nanti ke sini. Bareskrim melimpahkan tahap kedua," kata pengacara Kiki Hasibuan, Ajis Talaohu, di Kejari Depok, Jl Boulevard Raya, Pancoran Mas, Depok, Kamis (7/12/2017).

Sebelum dibawa ke Kejari Depok, bos First Travel dan Kiki Hasibuan lebih dulu dicek kesehatannya. Pihak pengacara belum mengetahui soal penahanan ketiganya seusai pelimpahan tahap kedua.

"Tadi dilakukan tes kesehatan, pemeriksaannya di rutan Polda," sebut Ajis.

Andika, Anniesa, dan Kiki Hasibuan menjadi tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang milik 64.685 orang yang hendak berangkat umrah. Total kerugian jemaah mencapai Rp 924.995.500.000.

Soal perkara ini, Andika Surachman sudah bicara. Selain meminta maaf, Andika berjanji memberangkatkan calon jemaah yang gagal umrah.

Pemberangkatan umrah ini disebut Andika akan disokong lewat pendanaan dari pihak yang disebut sebagai 'sahabat' dan 'lembaga'. Namun sahabat dan lembaga apa yang dimaksud, suami Anniesa Hasibuan ini menolak membeberkannya.

"Termasuk semua aset yang disita polisi nantinya kami minta digunakan untuk mendukung pendanaan tersebut," ujar Andika dalam rapat kreditur terkait penundaan kewajiban pembayaran utang First Travel di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur, Jakpus, Selasa (5/12).

Ketiga tersangka tersebut dijerat dengan pelanggaran Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP juncto Pasal 55 KUHP, Pasal 3 dan Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.
(fdn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed