DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 10:01 WIB

NasDem: Panglima TNI Harus Netral dan Tak Ada Kubu-kubuan

Elza Astari Retaduari - detikNews
NasDem: Panglima TNI Harus Netral dan Tak Ada Kubu-kubuan Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Panglima TNI. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Komisi I DPR menyetujui KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Panglima TNI. Anggota Komisi I Fraksi NasDem Ahmad Sahroni meminta Hadi menjaga netralitas.

"Panglima TNI harus netral dan wajib loyal terhadap NKRI untuk seluruh masyarakat. TNI adalah TNI," ujar Sahroni dalam keterangannya, Kamis (7/12/2017).


Marsekal Hadi lulus melalui serangkaian fit and proper test oleh Komisi I DPR pada hari Rabu (6/12) kemarin. Oleh sebab itu, ke depannya, NasDem meminta Hadi turut menjaga soliditas di internal TNI.

"TNI harus tetap solid di internal lebih baik ke depan, tidak ada lagi kubu-kubuan dalam tubuh TNI," kata Sahroni.


Marsekal Hadi merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR. Rencananya, DPR hari ini akan menggelar paripurna meminta persetujuan Marsekal Hadi jadi Panglima TNI.

"Dalam rapat pimpinan DPR, Senin (4/12) siang, kami sudah buat skenario terkait proses tindak lanjut pasca surat Presiden (soal penunjukan Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI) sesuai mekanisme," ujar Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan saat dihubungi, Rabu (6/12).
(dkp/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed