DetikNews
Rabu 06 Desember 2017, 23:20 WIB

6 Jaringan Penyelundup Sabu di Medan Divonis 16 hingga 20 Tahun Bui

Jefris Santama - detikNews
6 Jaringan Penyelundup Sabu di Medan Divonis 16 hingga 20 Tahun Bui Foto: Para terdakwa saat menjalani sidang vonis. (Jefris-detikcom)
Medan - 6 terdakwa kasus sabu seberat 39,2 kilogram menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara. Para terdakwa dihukum dengan masing-masing 16 hingga 20 tahun penjara.

Terdakwa yang dihukum 20 tahun penjara yaitu Mulyadi, Dedi, Andri Maulana dan Saiful. Sidang ini dipimpin majelis hakim Erintuah Damanik.

Sementara, terdakwa yang dihukum 16 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan yakni Zakaria. Sedangkan terdakwa yang dihukum 18 tahun penjara denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan yakni Herijal.

Sidang keduanya ini dilakukan secara terpisah dan dipimpin majelis hakim Jonny Simanjuntak. Jaksa dalam kasus tersebut yakni Joice Sinaga.

Untuk sidang pertama, keempat terdakwa dinyatakan melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara 20 tahun," kata Erintuah, Rabu (6/12/2017).

Atas putusan ini, jaksa menyatakan banding. Sementara, empat terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Secara terpisah, dua terdakwa yaitu Zakaria dan Herijal dinyatakan bersalah melanggar Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009. Dalam hal ini, majelis menyatakan Zakaria dan Herijal tidak berkaitan langsung dengan 4 terdakwa lainnya.

Atas putusan tersebut, jaksa juga menyatakan banding. Sementara, terdakwa menyatakan pikir-pikir. Sebelumnya, keenam terdakwa dituntut jaksa dengan hukuman seumur hidup.

Seperti diketahui, kasus ini diungkap BNN pada Maret 2017 lalu di Medan. Sebanyak 39,2 kilogram sabu disita petugas dari mereka. Sabu itu diselundupkan dari Malaysia dan dibawa ke Medan.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed