BNPB: Isu Gunung Galunggung Tasikmalaya Meletus Hoax

Idham Kholid - detikNews
Rabu, 06 Des 2017 21:44 WIB
Ilustrasi Gunung Galunggung. (Dokumen detikcom)
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan isu yang menyebut Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat, meletus tidak benar alias hoax. Status Gunung Galunggung tetap normal.

"Isu yang mengatakan Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah hoax, tidak benar," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_BNPB, yang dilihat detikcom, Rabu (6/12/2017) pukul 21.40 WIB.

Sutopo mengatakan benda-benda yang beterbangan di lereng Gunung Galunggung disebabkan angin kencang dari awan kumulonimbus. Sutopo juga menegaskan tidak ada hujan batu.

"Gunung Galunggung di Tasikmalaya tetap status normal. Tidak meletus. Tidak ada hujan batu. Benda-benda yang beterbangan karena tertiup angin kencang/puting beliung di lereng gunung. Kumpulan awan kumulonimbus menyebabkan angin kencang sebelum hujan," ujarnya.

Meski begitu, Sutopo mengimbau warga tetap berhati-hati saat cuaca mendung dan ada awan kumulonimbus. "Waspadalah saat mendung," ujarnya. (idh/jbr)