DetikNews
Rabu 06 Desember 2017, 16:46 WIB

Novanto Minta Kasus Mobil Tabrak Tiang Disetop, Polisi Tetap Lanjut

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Novanto Minta Kasus Mobil Tabrak Tiang Disetop, Polisi Tetap Lanjut Mobil yang ditumpangi Setya Novanto/Foto: Iswahyudi
Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto tak ingin kecelakaan mobil yang ditumpanginya diperkarakan. Novanto juga memberikan keterangan yang meringankan bagi tersangka Hilman Mattauch.

"Ada keterangan korban tidak perlu diperkarakan, dicabut. Ya pernyataan tidak keberatan, itu hanya meringankan di pengadilan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Novanto saat diperiksa di KPK menurut Halim ingin kasus kecelakaan tersebut dicabut. Namun Halim menjelaskan kasus itu bukan delik aduan dan pihaknya sudah mengirim surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ke kejaksaan.

"Kalau berdasarkan keterangan yang diberikan itu sudah cukup karena dia saksi korban. Itu pun dia sudah ada keterangan bahwa dia mau cabut, daripada keterangan, laporan tapi ini bukan laporan pengaduan. Kita juga sudah mengirim SPDP kepada pengadilan," jelas Halim.

Halim menegaskan saat ini pihaknya sedang merampungkan berkas perkara kecelakaan tersebut. Dia menargetkan bulan ini berkas bisa dilimpahkan.

"(Kasus) Itu sudah berjalan. Mudah-mudahan bulan ini bisa dilimpahkan," tegasnya.

Baca Juga: Kisah 24 Jam Novanto dalam Pelarian

Dalam kasus ini, tersangka Hilman tidak ditahan karena ancaman hukuman penjara yang dikenakan kurang dari lima tahun. Namun Hilman wajib lapor setiap Senin dan Kamis.

"Dia di bawah lima tahun. Hanya setahun dengan dan atau dua juta. Jadi wajib lapor Senin, Kamis. Sampai berkasnya dikirim, P21. Berkas kemudian penyerahan barbuk," tuturnya.
(knv/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed