DetikNews
Rabu 06 Desember 2017, 14:39 WIB

Insiden Terobos Busway, Pengacara Dewi Persik Sudah Temui Dirlantas

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Insiden Terobos Busway, Pengacara Dewi Persik Sudah Temui Dirlantas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Pengacara Dewi Persik, Maha Awan Buana, sudah menemui Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra. Maha datang terkait adanya insiden mobil kliennya yang menerobos busway di Pejaten, Jakarta Selatan.

"Belum ketemu (dengan Dewi Persik), hanya kemarin yang datang pengacaranya. Beliau hanya silaturahmi dengan saya," kata Halim di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Halim tidak menjelaskan secara detail mengenai pertemuan tersebut. Dia hanya menegaskan tidak ada pengawalan terhadap mobil yang ditumpangi oleh Dewi saat menerobos busway.

"Ya, ini saya dapat informasi dari Kasat Patwal, saya sendiri bagian pengawal itu, tidak ada anggota yang mengawal," tegasnya.


Dalam setiap pernyataannya, Dewi memang mengaku dikawal oleh polisi saat kejadian tersebut. Halim pun menantang Dewi untuk membuktikan terkait pernyataan tersebut.

"Kemarin sudah saya jawab bawa kalau dari Dewi Persik bisa membuktikan anggota yang melakukan pengawalan. Kita akan panggil anggota apabila ada pengawalan secara tertulis, kita kan pengawalan ada juga yang tidak tertulis karena mendesak bisa dilakukan pengawalan. Kasusnya Dewi Persik ini katanya ada, coba buktikan siapa orangnya," tutur Halim.

Halim pun lantas bicara soal pengawalan yang dilakukan oleh polisi. Menurutnya, pengawalan itu dilakukan jika ada kebutuhan mendesak. Tak semua orang bisa dikawal oleh polisi saat melintas di jalan.

"Ya, pada prinsipnya tidak boleh seterusnya. Tapi, kalau mendesak, ada sesuatu yang penting, bisa dilakukan pengawalan syaratnya di Pasal 134. Ada ketentuannya untuk pengawalan, misalnya harus dikawal, ambulans, pemadam kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kepala negara, dan itu harus dikawal oleh polisi," terangnya.


(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed