Top! TNI-Polri Kompak Jelang Uji Kepatutan Marsekal Hadi di DPR

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 06 Des 2017 09:10 WIB
TNI-Polri berkumpul jelang uji kepatutan KSAU Marsekal Hadi jadi Panglima TNI (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Suasana keakraban antara TNI dan Polri tampak di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, jelang uji kepatutan Marsekal Hadi sebagai calon panglima TNI. Begini suasana keakraban mereka.

Pantauan di lokasi, Rabu (6/12/2017) sekitar pukul 08.50 WIB, ada ramai-ramai di depan gedung Nusantara II. Suasana ramai itu memantik perhatian pengunjung dan awak media yang sedang berada di lokasi.


Mereka terlihat sangat akrab. TNI dari tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri terlihat bersalaman, bertukar peluk, hingga foto bersama.

Para penjaga keamanan negara ini kompak hingga akhirnya berfoto bersama. Ada 3 sesi foto yang mereka lakukan.


Sesi pertama, mereka berfoto dengan sikap sempurna. Kedua, mereka berfoto dengan pose tangan mengepal. Sesi tiga, mereka berfoto dengan tangan saling menumpuk antara satu sama lain, sepertinya salam khas.

Lalu, siapa para prajurit yang sangat akrab ini? Rupanya mereka sahabat lama.


Salah seorang anggota Polri menjelaskan sesi foto ketiga itu. Mereka menamakannya salam 'Adem'. Dikatakan anggota Polri itu, salam 'Adem' merupakan salam khas para alumni Akabri angkatan 1986.

Mereka semua datang ke DPR untuk menyaksikan momen uji kepatutan dan kelayakan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon panglima TNI.


"Kami angkatan '86, Akabri 86. Ini leting Pak KSAU semua," ujarnya. (gbr/dkp)