DetikNews
Selasa 05 Desember 2017, 16:59 WIB

BNPB Minta Warga Antisipasi Banjir dan Longsor di Desember-Februari

Seysha Desnikia - detikNews
BNPB Minta Warga Antisipasi Banjir dan Longsor di Desember-Februari Foto: Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Jakarta - Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi di bulan Desember 2017 hingga Februari 2018. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor di bulan tersebut.

"Puncak hujan terjadi pada Desember, Januari dan Februari, nah di situlah kita harus siap mengantisipasi banjir dan longsor," ujar Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (5/12/2017).

Sampai dengan sekarang sudah tercatat 2.175 bencana yang terjadi selama 2017. Sutopo menjelaskan 95% bencana di Indonesia adalah bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh cuaca.

"95% bencana di indonesia adalah bencana hidrometeorologi yaitu bencana yang dipengaruhi oleh cuaca banjir, longsor, kekeringan, puting beliung, kebakaran hutan dan cuaca ekstrim," papar Sutopo.

Menurutnya saat ini Indonesia telah masuk ke darurat ekologis. Menurutnya penyebab darurat ekologis adalah perusakan hutan, degradasi lahan, dan perusakan sungai

"Kita sudah masuk ke darurat ekologis. Perusakan hutan, degradasi lahan, perusakan sungai telah menyebabkan meningkatnya bencana hidrometeorologi," kata Sutopo.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed