DetikNews
Selasa 05 Desember 2017, 13:26 WIB

Warga Doakan Pembuang Sampah Dicabut Nyawanya

Jefris Santama - detikNews
Warga Doakan Pembuang Sampah Dicabut Nyawanya Foto: Jefris/detikcom
Medan - Peringatan keras melalui spanduk agar tidak membuang sampah sembarangan terpajang di pinggir jalan di Medan, Sumatera Utara. Ada doa yang dipanjatkan masyarakat kepada orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Larangan membuang sampah itu terpajang di Jalan Taruma, Kelurahan Petisah Tengah, Kota Medan. Isi spanduknya:

Ya Allah Cabutlah Nyawa Orang-orang Yang Membuang Sampah Di Sini!!! Do'a Masyarakat Kelurahan Petisah Tengah

"Yang memasang nggak tahu, sewaktu pagi saya lihat sudah ada (terpasang)," kata salah seorang juru parkir, Mariba, saat ditemui di lokasi, Selasa (5/12/2017).

Ia tidak tahu persis kapan spanduk itu sudah terpasang. Namun, sejak spanduk itu dipasang, tidak ada lagi sampah yang menumpuk di lokasi itu.

"Terpasang baru-baru saja. Sering banyak sampah, orang naik motor lewat buang di situ. Tapi sekarang sudah tidak," ujar Mariba.

Meski tidak tahu siapa yang memasang, dia mendukung adanya spanduk itu. Perubahan pun terjadi. Sampah tidak lagi menumpuk.

"Kalau bersih kan bagus," imbuhnya.

Seorang warga lainnya, Ardi, juga menyambut baik adanya spanduk itu. Lokasi itu juga sudah terlihat bersih.

"Alangkah baiknya buang sampah pada tempatnya. Ya ada spanduk itu bagus," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Petisah Tengah Khairul A Lubis mengatakan spanduk itu sudah terpasang sekitar dua minggu yang lalu. Selain di situ, ada dua lokasi lain yang terpasang dengan spanduk yang sama.

"Itu (lokasi yang terpasang spanduk) bukan tempat pembuangan sampah," ujarnya.

Khairul mengatakan ada oknum warga yang membuang sampah sembarang di lokasi tersebut. Atas hal itu, spanduk peringatan ini dipasang.

"Ada orang buang sampah pukul 02.00-03.00 WIB. Tapi, di bawah pukul 24.00 WIB, tidak ada sampah menumpuk. Nah, sewaktu pagi kita lihat sudah ada sampah menumpuk. Saya tidak ingin seperti itu sampah menumpuk," jelasnya.

Dengan terpasangnya spanduk itu, Khairul berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Sepanjang jalan, kata dia, keranjang sampah disiapkan.

"Kita di sini ada dua truk sampah, itu keliling kutip sampah. Kita berharap, warga tidak lagi buang sampah sembarangan. Kita juga mengimbau pemilik toko menyediakan tong sampah," tukasnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed