DetikNews
Senin 04 Desember 2017, 18:03 WIB

Siklon Dahlia Melemah, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Tsarina Maharani - detikNews
Siklon Dahlia Melemah, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Waspada Foto: Kepala Pusat BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan soal kondisi Siklon Dahlia. (Tsarina-detikcom)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan siklon tropis Dahlia telah melemah dan bergerak menjauh ke arah Australia. Namun begitu, masyarakat diimbau tetap waspada

"Pada tanggal 3 Desember 2017 jam 19.00 WIB, siklon tropis Dahlia telah melemah dan namanya menjadi depresi tropis atau ex-Dahlia. Siklon-siklon tropis yang sudah pernah lahir itu sudah luruh dan sudah menuju ke selatan. Ke arah Australia," ujar Kepala Pusat BMKG Dwikorita Karnawati di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2017).

Meski dmeikian, Dwikorita mengatakan masih ada sisa-sisa dampak Siklon Dahlia yang terjadi di Indonesia bagian selatan. Indonesia bagian selatan itu seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Lombok, Bali, NTB, dan NTT.

"Meskipun demikian, sisa dampak itu masih tersisa di wilayah Indonesia bagian selatan. Terutama Jawa Timur, Jawa Tengah, Lombok, Bali, NTB, NTT. Itu masih merasakan dampaknya. Selain itu sudah melemah," papar Dwikorita.

Dwikorita tetap mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi genangan dan banjir, terutama di daerah yang berpotensi hujan lebat. Ia juga mengingatkan masyarakat waspada pada hujan dan angin kencang yang berpotensi mengakibatkan pohon dan baliho rubuh.

"Masyarakat masih diimbau, meskipun Dahlia telah luruh tapi masih ada bibit siklon tropis yang menjadi siklon meskipun menjauh. Dan masih ada angin baratan," ujarnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed