DetikNews
Senin 04 Desember 2017, 11:29 WIB

Siaga Bencana, TNI Siapkan Pesawat Hercules untuk Angkut Pengungsi

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Siaga Bencana, TNI Siapkan Pesawat Hercules untuk Angkut Pengungsi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Istana Negara (Lakam/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan TNI dalam kondisi siap siaga untuk mengantisipasi bencana alam di sejumlah wilayah. Dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang ada, TNI siap membantu warga yang terkena bencana.

"TNI disiapkan dengan alat utama sistem persenjataan dan perlengkapan untuk perang. Sehingga setiap saat TNI siap siaga menghadapi perang. Apabila ada bencana, alat-alat yang dimanfaatkan lebih cepat dimanfaatkan, sehingga kita siagakan semua untuk menghadapi bencana, apalagi yang disampaikan Bapak Presiden," ujar Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (4/12/2017).

Gatot menegaskan, tanpa alutsista pun, TNI siap. "Begitu ada bencana, tinggal diberangkatkan," tegasnya.

TNI juga telah menyiagakan dapur lapangan di Bali untuk mengantisipasi dampak dari erupsi Gunung Agung. Apabila dapur lapangan tersebut masih belum cukup, Gatot akan mendatangkan dapur lapangan dari daerah lain yang tidak terkena bencana.

"Kita sudah siapkan dapur lapangan, apabila diperlukan, tidak cukup di Bali, kita kirim lagi dari daerah lain yang tidak kena bencana," ucapnya.

Menurut Gatot, beberapa daerah lain yang terkena bencana, seperti banjir di Pacitan dan Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga saat ini masih bisa dijangkau. Salah satunya dengan pesawat Hercules untuk membawa bantuan logistik bagi pengungsi. Jika nanti ada wilayah yang tidak dapat dijangkau melalui jalur udara, Gatot menyebut TNI siap dalam kondisi apa pun.

"Kalau penerbangannya selama masih terbuka kan bisa, kalau tidak terbuka pesawat tidak bisa masuk. Tapi semua apa pun yang diminta kita siap," tutur dia.
(nvl/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed