DetikNews
Senin 04 Desember 2017, 08:30 WIB

Bertemu Menhub, Anies-Sandi akan Bahas TOD hingga ERP

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Bertemu Menhub, Anies-Sandi akan Bahas TOD hingga ERP Anies-Sandi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pagi ini akan bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya di Kementerian Perhubungan RI, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan tersebut, Sandi mengaku akan membicarakan masalah transportasi di DKI Jakarta, khususnya peningkatan pelayanan publik transportasi umum.

"Kami ingin ada peningkatan pelayanan publik transportasi di DKI untuk transportasi umum," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2017).

Sandi ingin program untuk penggunaan kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum dalam 5 tahun ini mulai berjalan. Untuk mendukung hal itu, Sandi mengaku akan terus memperbaiki dan menambah investasi untuk transportasi umum.

"Kami ingin ada kemitraan dengan Kemenhub, seperti stasiun kereta api kami jadikan transit oriented development (TOD)," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sandi, ia akan mendorong pembangunan jalur lingkar layang (elevated loopline), sehingga ke depan tak ada lagi pelintasan sebidang di Jakarta.

Wagub DKI Sandiaga Uno sebelum bertemu MenhubWagub DKI Sandiaga Uno sebelum bertemu Menhub (Marlinda Oktaviani/detikcom)

"Banyak sekali persimpangan kereta yang ganggu lancarnya lalu lintas. Kalau itu bisa diangkat seperti yang di sini di Gondangdia sampai Gambir itu akan sangat membantu," tuturnya.

Secara terpisah, Anies menjelaskan pertemuan ini turut membahas transportasi di Jakarta. Salah satunya adalah Electronic Road Pricing (ERP) hingga Light Rail Transit (LRT).

"Seputar ERP, LRT, lalu terkait dengan elevated loopline. Tema-tema itu," katanya.

Pantauan di lokasi, Anies dan Sandi meninggalkan Balai Kota menuju Kemenhub pada pukul 07.50 WIB. Keduanya menumpang mobil Hi-Ace warna putih pelat B-1-DKI.
(dkp/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed