DetikNews
Sabtu 02 Desember 2017, 12:20 WIB

Massa 212 Bersih-bersih Sampah, Monas Kembali Kinclong

Ibnu Hariyanto, Indra Komara - detikNews
Massa 212 Bersih-bersih Sampah, Monas Kembali Kinclong Kawasan Monas kembali bersih. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Sejumlah massa Reuni Alumni 212 mengumpulkan sampah dari kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat. Sampah tersebut dikumpulkan dengan kantong-kantong plastik besar.

Pantauan detikcom, Sabtu (2/12/2017) pada pukul 11.42 WIB, di seputar Bundaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, massa mulai mengumpulkan sampah. Massa mengumpulkan sampah bermodalkan sapu dan kantong plastik.

Massa yang mayoritas pria itu dengan sigap menyapu dan mengambil sampah-sampah sisa aksi Reuni Alumni 212. Terlihat di lengan mereka ada tulisan 'Laskar Kebersihan'.

Peserta RPeserta Reuni 212 bersih-bersih kawasan Monas dan sekitarnya. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Setelah kantong-kantong plastik terisi penuh, kemudian dikumpulkan di satu tempat. Mereka terus mencari dan membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

Salah seorang bernama Abdul Rozak mengaku aksi bersih-bersih sampah tersebut dilakukan atas inisiatif sendiri. Dia juga membawa sapu langsung dari kediamannya.

"Inisiatif sendiri dan sapunya ini saya bawa sendiri," ucap dia.





Di dalam Silang Monas juga sama. Sejumlah panitia terlihat memunguti sampah yang berserakan. Hasilnya, kawasan Monas bebas dari sampah.

Karung-karung sampah ditempatkan di sudut pintu keluar. Tali bekas saf salat subuh berjemaah juga mulai dicabut.

"Ini tali bekas salat subuh tadi. Dicabut biar bersih," kata Andi, petugas yang membantu membersihkan Monas.

Sementara itu, massa Reuni Alumni 212 berangsur meninggalkan kawasan Monas. Para peserta aksi terlihat meninggalkan Monas dengan menaiki sepeda motor, mobil, hingga bus. Beberapa peserta Reuni 212 juga masih ada yang terlihat di Lapangan Monas. Mereka masih menikmati suasana Monas sambil foto-foto.

[Gambas:Video 20detik]


(hri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed