DetikNews
Jumat 01 Desember 2017, 22:22 WIB

Pilgub Jateng 2018

Lawan Ganjar, Ferry Juliantono Disarankan Naikkan Popularitas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Lawan Ganjar, Ferry Juliantono Disarankan Naikkan Popularitas Ferry Juliantono (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis elektabilitas para kandidat pemilihan gubernur Jawa Tengah. Masih ada 50 persen lebih responden yang masih ragu-ragu atau belum menentukan pilihannya.

"Hasil survei LSI mengatakan 52,9 persen pemilih belum menentukan pilihan atau masih ragu-ragu di Pilgub Jawa Tengah 2018," ucap Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2017).


Gubernur petahana Jateng Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi yakni selalu di atas 50 persen. Dari 23 calon yang disimulasikan untuk head to head, hanya Ferry Juliantono yang cukup berpotensi. Ferry bisa menembus angka 10 persen.

Menurut Toto, Ferry memiliki peluang untuk merebut suara. Ferry hanya perlu lebih memperkenalkan diri kepada masyarakat Jateng.

"Dari 50 sekian persen (pemilih Ganjar), 28 persen pilih Ganjar karena itu calon yang dia kenal. Bagusnya, good news bagi kompetitor lain, mereka memilih karena lebih kenal, bukan karena lain," kata Toto.


"Tapi Ferry, dari yang kurang dari 10 persen itu, 30 menganggap milih Ferry kan karena dia mampu (atasi masalah). Cuma masalahnya, dia belum dikenal luas," sambung Toto.

Sementara itu, pengamat politik Effendi Gazali melihat Ferry maupun Sudirman Said (SS) belum serius maju di Pilgub. Harusnya, mereka lebih bisa mempopulerkan diri, dan dengan tegas deklarasi maju.


"Karena dengan demikian, diharapkan tadi masih kurang tinggi tingkat popularitas mereka, jadi dengan menyatakan akan maju itu, biasanya pengenalan akan menjadi tinggi," kata Effendi.

Survei Pilgub Jawa Tengah LSI Denny JA dirilis Jumat (1/12/2017). Survei ini dilakukan pada 7 November-14 November 2017 lalu dengan menggunakan metode multi stage random sampling. Responden survei dipilih secara acak dengan jumlah 440. Para responden diwawancarai langsung dengan tatap muka. Margin of error survei sebesar 4,8 persen.
(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed