DetikNews
Jumat 01 Desember 2017, 18:08 WIB

Kirab Pemuda 'Tantang' Kalangan Milenial di Sidoarjo

Andi Abdullah Sururi - detikNews
Kirab Pemuda Tantang Kalangan Milenial di Sidoarjo Foto: dok. Humas Kemenpora
Sidoarjo - Setelah dua bulan keliling nusantara, Kirab Pemuda 2017 segera mendekati puncaknya. Kalangan milenial akan "ditantang" saat kirab memasuki Sidoarjo, Jawa Timur.

Program kepemudaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut dimulai sejak 26 September lalu, diikuti oleh 72 peserta terpilih (34 pria, 34 wanita) dari 34 provinsi, yang dibagi ke dalam dua zona.

Zona 1 yang bergerak dari Miangas, menuju Sabang (Nangroe Aceh Darussalam), menyusuri kabupaten/kota yang ada di wilayah barat, serta Zona 2 yang bergerak dari Rote Ndao (Nusa Tenggara Timur) menuju Merauke dan kabupaten/kota yang ada di wilayah timur Indonesia. Kedua grup itu akan berkumpul di tempat finis di kota Blitar, Jawa Timur, pada 5 Desember mendatang.

Sebelum itu, akhir pekan ini kirab zona 2 "mendarat" di Sidoarjo. Sejumlah kegiatan telah diagendakan, semua dengan misi meneguhkan nilai-nilai kebhinekaan, kebersamaan dan persatuan, serta keberanian pemuda.

"Tolong sebarkan virus-virus positif yang kalian lihat selama dalam perjalanan. Sebab ini adalah bukti bahwa masa depan Indonesia benar-benar ada di tangan anak-anak muda. Apapun yang ada di negeri ini harus kita selamatkan. Kebudayaan, tradisi, dan apa pun. Karena kita ini tumbuh dan berkembang di tanah air Indonesia tercinta," ujar Menpora Imam Nahrawi di depan para peserta kirab di parkir barat Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (1/12) sore, yang juga dihadiri oleh jajaran pemerintah kabupaten Sidoarjo termasuk Bupati Saiful Ilah dan Wakil Bupati Nur Ahmad Saefuddin.

Salah satu acara inti kirab di Sidoarjo adalah talkshow, diskusi, dan sharing session yang melibatkan sejumlah figur publik dan profesional pengguna media sosial. Tema yang diangkat bersifat kekinian, yaitu "101 Wajah Media Sosial: Tantangan Milenials".

Acara tersebut akan digelar di aula kampus UMSIDA Kampus 1, Jln. Mojopahit 666 B, Sidoarjo, pada hari Sabtu (2/12) besok, pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Para pembicara yang akan tampil selain Menpora Imam Nahrawi adalah antaranya Kolonel Penerbang, Agung Sasongko Jati, representasi jurnalis, serta empat pesepakbola: Dendi Santoso (Arema), Atep (Persib), Gunawan Dwi Cahyo (Persija), dan Rendi Irwan Saputra (Persebaya).

Komentator olahraga Valentino "Jebret" Simanjuntak akan memandu diskusi, yang juga akan dimeriahkan dengan aksi Stand Up Comedian Indonesia oleh sang juara season 5, Rigen.

Wahai para pemuda Sidoarjo, berani terima tantangan ini?

Kirab Pemuda 'Tantang' Kalangan Milenial di SidoarjoFoto: dok. Humas Kemenpora

(a2s/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed