DetikNews
Jumat 01 Desember 2017, 13:39 WIB

2 Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Jakarta Barat Ditembak Polisi

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
2 Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Jakarta Barat Ditembak Polisi Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Polisi menangkap M Suherman (29) dan Agus Supriatna (20) karena melakukan pencurian di rumah kosong. Keduanya ditembak saat penangkapan tersebut.

"Pada saat melakukan penangkapan, ya mereka namanya maling ya, ya berusaha kabur dan kita buat secara terukur kakinya kita tembak. Kalau kita lihat dari aksinya sudah sampai 30 kali lebih, ini sudah sindikat," kata Kapolsek Kebon Jeruk Kompol M Marbun di Polsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (1/12/2017).

Marbun mengatakan penangkapan tersebut terjadi setelah polisi mendapat laporan dari tiga warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Minggu (12/11). Polisi langsung bergerak menangkap Suherman di kontrakannya yang berada di daerah Kebon Jeruk pada Rabu (29/11).
2 Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Jakarta Barat Ditembak PolisiFoto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom

Setelah dilakukan pengembangan, pada hari yang sama polisi menangkap satu tersangka lagi bernama Agus Supriatna, yang mencoba melarikan diri, di daerah Tambora, Jakarta Barat.

Saat dilakukan penangkapan, para pelaku mencoba melarikan diri sehingga polisi menembak kaki kedua pelaku. Saat ini masih ada satu pelaku lagi bernama Slamet yang masih dalam pengejaran polisi.

"Dua orang ini spesialis rumah kosong, di mana para pelaku ini mobile, melihat ada rumah yang pintunya agak terbuka, mereka langsung masuk. Kalau mereka lihat pintu kebuka sedikit sekitar 5-10 menit. Mereka itu cepat karena dikhawatirkan pemilik rumah masuk lagi," kata Marbun.

Marbun mengatakan para pelaku beraksi siang dan malam hari. Jika mereka melihat kondisi rumah atau kamar kos yang kosong, mereka akan beraksi. Dalam aksinya, para pelaku menggunakan sepeda motor dan beraksi di sekitar wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pelaku bernama Agus mengatakan sudah beraksi kurang-lebih 30 kali dan mengambil barang apa saja yang berada di dalam rumah korbannya. Agus mengaku memulai aksinya sekitar 6 bulan lalu saat istrinya hendak melahirkan.
2 Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Jakarta Barat Ditembak PolisiFoto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom

"Dari semenjak istri mau lahiran, sudah 6 bulanan. (Saat beraksi kondisi rumah) kadang ada (pemilik rumah) yang tidur, kadang ada yang kosong," kata Agus.

Barang bukti yang disita adalah ponsel, kotak ponsel, sarung ponsel, tas ransel, dan TV Samsung LED 32 inci. Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenai Pasal 363 KHUP.

"Tersangka kita kenai Pasal 363 KHUP dengan ancaman hukuman sekitar 7 tahun penjara," kata Marbun.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed