Program Rusunami DP Rp 0 Diluncurkan Akhir Tahun 2018

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 30 Nov 2017 19:23 WIB
Balai Kota DKI (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Pemprov DKI tengah mempersiapkan rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0. Rusunami ditargetkan diluncurkan akhir tahun 2018.

"(Tahun) 2018 akhir paling cepat karena saya mesti bangun dulu dong. Ini semua harus paralel," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2017).

Rusunami akan dibangun di kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, Jaktim. Empat tower akan disiapkan.

"Kemungkinan yang di PIK Pulogadung. Mungkin sekitar 4 tower," kata Agustino.

Selain Dinas Perumahan, kata Agustino, BUMD DKI juga akan ikut membangun rumah DP Rp 0. PD Pembangunan Sarana Jaya akan membangun di Pondok Kelapa, Jakarta Timur dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan membangun di Yos Sudarso, Jakarta Utara.

"Sarana Jaya sendiri, Jakpro sendiri, Dinas Perumahan sendiri," ujarnya.

Agustino mengungkapkan, jenis bangunan yang akan dibangun oleh Sarana Jaya dan Jakpro juga rusunami. Sebab, lanjutnya, harga tanah untuk rumah tapak di Jakarta sudah sangat mahal.

"Enggak mungkin di DKI (rumah tapak), tanahnya mahal. Kalau kami masukin ke biaya pokok cicilannya, itu enggak sanggup," tuturnya.

Saat ditanya, apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyepakati konsep rusunami tersebut, Agustino mengiyakan.

"Setuju," ujarnya.

Untuk tipe rusun yang dijual, Agustino masih menghitung luas yang tepat. Ia mengaku, sebelumnya Dinas Perumahan telah mendapat hitungan rusun tipe 21 meter persegi dengan cicilan Rp 1,4 juta per bulan.

"Nah saya lihat Sarana Jaya tipe 36 cicilannya 2,1 juta. Wah ini bisa juga nih tipe 36," katanya. (dkp/rvk)