DetikNews
Kamis 30 November 2017, 15:22 WIB

Meneguhkan Nilai Persatuan Pemuda di Kabupaten Tegal

Mega Putra Ratya - detikNews
Meneguhkan Nilai Persatuan Pemuda di Kabupaten Tegal Foto: Dok Kemenpora
Tegal - Perjalanan peserta Kirab Pemuda Nusantara telah memasuki hari ke-64 dengan melintasi 19 titik singgah di berbagai wilayah di Indonesia. Kali ini, peserta kirab singgah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Tegal Enthus Susmono menyambut baik peserta kirab yang singgah di Kabupaten Tegal. Kunjungan di Tegal akan melengkapi dan memperkaya pengetahuan para peserta akan kekayaan alam, budaya, dan kreativitas masyarakat Indonesia di masing-masing daerah.

"Untuk itu saya sangat menyambut baik kirab ini dalam rangka menggugah dan membangkitkan kesadaran kita sebagai sebuah bangsa yang besar dengan segala keberagamannya. Jadi tidak salah jika kirab pemuda Indonesia 2017 singgah di wilayah yang dikenal dengan Jepangnya Indonesia," terang Enthus dalam keterangan tertulis, Kamis (30/11/2017).

Selain bisa menumbuhkan semangat persatuan, Enthus juga berharap peserta kirab bisa ikut serta mempromosikan keindahan alam serta keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Salah satunya melalui media sosial.

"Selain sebagai sarana mempersatukan bangsa, juga media promosi yang efektif untuk memperkuat daya tarik bangsa ini dengan keindahan alam keramahan dan keragaman budaya," katanya.
Meneguhkan Nilai Persatuan Pemuda di Kabupaten TegalFoto: Dok Kemenpora

Sementara itu Asisten Deputi Tenaga dan Peningkatan Sumber Daya Pemuda Kemenpora Djunaidi mengatakan, selama di Tegal peserta akan mengeksplorasi dan mempelajari keragaman budaya serta keindahan alam di Kabupaten Tegal. Peserta yang terdiri 36 pemuda dan pemudi terbaik Indonesia bisa ikut serta ambil bagian menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.

"Mengenali maka akan mencintai, jika sudah mencintai maka akan ikut menjaga dan melestarikan sepenuh hati serta menumbuhkan semangat persatuan dikalangan anak muda. Ini inti dari pelaksanaan kirab pemuda," jelas Djunaidi.

Selama berada di Kabupaten Tegal, para peserta diajak untuk mengenal ragam budaya serta kreatifitas melalui pagelaran budaya unggulan seperti festival dolanan anak, egrang, blendungan, sintren, tarian tradisional serta wayang santri yang didalangi oleh Bupati Enthus.

Selain itu peserta kirab juga diajak mencicipi durian khas wilayah Jatinegara yang saat ini menjadi kuliner buah andalan Kabupaten Tegal.
(ega/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed