DetikNews
Kamis 30 November 2017, 13:02 WIB

Ditahan KPK, Novanto Masih Dapat Gaji Sebagai Wakil Rakyat

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Ditahan KPK, Novanto Masih Dapat Gaji Sebagai Wakil Rakyat Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom
Jakarta - MKD menyebut Setya Novanto masih mendapatkan gaji sebagai anggota DPR. Sebab, proses hukum Novanto belum inkrah.

"Loh iya (masih terima gaji). Karena proses hukumnya masih berlanjut, dia masih berhak mendapatkan gajinya," ucap Anggota MKD Maman Imanulhaq di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2017).


Hal ini disampaikan Maman setelah dia bersama-sama Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding dan Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad melakukan pemeriksaan terhadap Novanto di KPK. Pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Novanto selaku Ketua DPR yang menyandang status tersangka dugaan korupsi e-KTP.

Namun, keputusan soal adanya pelanggaran atau tidak, masih akan dikonfirmasi kepada pihak-pihak terkait seperti Kesekjenan DPR dan Pimpinan DPR lainnya. Setelah itu hasilnya akan ditanyakan diklarifikasi ulang kepada Novanto.

"Kami harus melakukan konfirmasi ke beberapa pihak. Dan hasil konfirmasi itu akan konfirmasi ke sini. Sehingga ada pemeriksaan susulan akan kita lakukan," ujar Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya.


Novanto ditetapkan kembali sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP melalui Surat Dimulainya Penyidikan (Sprindik) tertanggal 31 Oktober 2017. Dia sempat lepas dari jeratan KPK melalui putusan Hakim PN Jakarta Selatan Cepi Iskandar karena mengabulkan sebagian permohonan praperadilan Novanto.

Novanto kini mendekam di rumah tahanan (rutan) yang berada di gedung KPK. Dia disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 subsidair Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: Lakon Dua Malam Novanto
(nif/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed