Cuci Tangan Pakai Air Keras, Murid Debus di Tangerang Ingin Sukses

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 29 Nov 2017 16:08 WIB
Air keras dan senjata tajam barang bukti latihan dubes di Tangerang. (Bil Wahid/detikcom)
Tangerang - Tujuh orang sempat dirawat di rumah sakit seusai latihan ilmu kebal atau debus di Tangerang. Polisi menyebut para korban mengikuti latihan itu karena beberapa alasan, salah satunya untuk menjaga diri.

"Dalam mengikuti latihan tersebut ingin mendapatkan ketenangan, ada juga dari mulut ke mulut untuk jaga diri. Ada juga untuk mendapatkan penghasilan ataupun kesuksesan dalam kariernya," kata Kapolres Metro Tangerang Kombes Harry Kurniawan di Jalan Daan Mogot, Tangerang, Rabu (29/11/2017).

Harry mengatakan, selain latihan ilmu kebal, ada ritual lain yang mereka lakukan. Guru debus punya bacaan khusus yang digunakan saat latihan.

"Mereka tidak hanya melakukan pelatihan biasa, ada beberapa bacaan-bacaan dalam pelatihan yang dilakukan oleh pelatihnya," ujar Harry.

Sebelumnya, 7 orang dirawat di rumah sakit karena mengalami cedera seusai latihan debus di Tangerang. Tangan mereka melepuh karena dicuci menggunakan air keras.

Hingga kini belum ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Guru debus, Didi, sudah dimasukkan ke daftar pencarian orang (DPO). (abw/idh)