DetikNews
Rabu 29 November 2017, 00:06 WIB

Saat Pidato Jokowi 'Diinterupsi' Musik Instrumental

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Saat Pidato Jokowi Diinterupsi Musik Instrumental Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
Jakarta -
Tampilan layar sering jadi pelengkap kala Presiden Jokowi berpidato. Biasanya tampilan layar itu tak disertai dengan musik latar belakang.

Tetapi, pada saat acara bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017), terdengar ada suara latar belakang. Suara tersebut merupakan musik instrumental ketika muncul tampilan tentang gambaran kebinekaan Indonesia.

"Sekarang ini setiap saya pergi ke daerah, ke kabupaten, kota, provinsi, selalu mengingatkan betapa negara kita ini negara besar, karena banyak yang lupa 260 juta penduduk kita. Ini negara besar," tutur Jokowi sambil diiringi musik instrumental itu.

Jokowi lalu terdiam sejenak. Dia menoleh ke arah operator tampilan layar.

"Ini musiknya bagus," kata Jokowi sambil tersenyum.

"Tapi mengganggu," imbuh dia. Suara musik itu pun dimatikan. "Nah, begitu," lanjut Jokowi.

Namun Jokowi tetap tak menunjukkan mimik marah dan langsung melanjutkan sambutannya. Dia menekankan bahwa keragaman Indonesia seharusnya jadi kebanggaan bangsa, bukan justru dipecah oleh hasutan kebencian.

"Kita ini dihargai, dihormati, jangan nggak ngerti, keliru lagi nanti. Salah satu alasan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral itu dibangun berdampingan, itu sebagai cermin harapan kita semua hidup berdampingan rukun harmonis," ungkap Jokowi.

(bag/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed