DetikNews
Selasa 28 November 2017, 18:01 WIB

Polisi Gelar Perkara Kasus Kecelakaan Novanto Pekan Depan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi Gelar Perkara Kasus Kecelakaan Novanto Pekan Depan Mobil Setya Novanto di Unit Laka Lantas Ditlantas Polda Metro Jaya, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017) Foto: Seysha Desnikia-detikcom
Jakarta - Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan gelar perkara kasus kecelakaan Ketua DPR Setya Novanto dengan tersangka Hilman Mattauch pekan depan. Gelar perkara dilakukan dengan mengundang jaksa dan hakim.

"Semua sudah dalam pemberkasan, kita mau gelar perkara minggu depan. Saya belum tentukan rencanakan hari Selasa, Rabu," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat dihubungi, Selasa (28/11/2017).

Gelar perkara, menurut Halim, untuk menyamakan persepsi di antara pihak terkait. Selain itu, polisi juga berusaha untuk segera melimpahkan berkas kasus kecelakaan ini ke pengadilan.

"Untuk menyampakan persepsi," ujar Halim.

Sementara itu, Halim menjelaskan mengenai poin-poin yang didapat dari keterangan Agen Pemegang Merek (APM) Toyota Fortuner. Pada prinsipnya, tak ada kendala mekanik dari mobil yang ditumpangi Novanto.

"Berfungsi dengan baik semua," jelasnya.

Halim menerangkan mobil saat itu melaju dengan kecepatan 21km/jam saat menabrak tiang lampu. Karena kecepatan rendah, airbag tidak mengembang.

"Ada beberapa poin tapi saya simpulkan ada tiga, bahwa dia tidak keluar air bagnya karena kecepatannya 21 km/jam kemudian deteksi untuk kecepatan sebelum sesaat karena dia tipenya 2012 itu belum bisa mendeteksi jadi tahun 2015 yang baru bisa. Sensornya yang ada di situ. Kemudian seluruh fungsi di situ berfungsi dengan baik," ujarnya.
(knv/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed