DetikNews
Selasa 28 November 2017, 15:03 WIB

Demokrat 'Jual' AHY ke Fraksi-fraksi di DPR

Elza Astari Rd, Gibran Maulana - detikNews
Demokrat Jual AHY ke Fraksi-fraksi di DPR Agus Harimurti Yudhoyono (dok. The Yudhoyono Institute)
Jakarta - Anggota Fraksi Partai Demokrat (PD) Putu Supadma Rudana menyebut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat tepat memimpin Indonesia ke depan. Dia pun mempromosikan AHY ke fraksi-fraksi lain di DPR.

AHY, yang kini menjabat Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, kini sering berkeliling Indonesia. Dia kerap menjadi pembicara dalam forum-forum untuk menyampaikan gagasannya mengenai Indonesia, khususnya kepada generasi muda.

Putu pun mencoba 'menawarkan' pesona AHY ke fraksi-fraksi lain di DPR. Dia menyebut AHY sebagai sosok independen meski memang dekat dengan Partai Demokrat.


"Saya lihat bagaimana fraksi-fraksi lainnya juga harus melakukan hal yang sama. Kalau AHY dianggap positif, undang aja AHY," ujar Putu kepada wartawan, Selasa (28/11/2017).

AHY datang ke DPR pada Senin (27/11) kemarin. Dia menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar Fraksi Demokrat bertemakan 'Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia untuk Membangun Indonesia yang Maju, Kuat, dan Sejahtera'. Diskusi itu menyasar generasi 'zaman now'.

Putu pun menyebut Demokrat membuka diri terhadap fraksi lain bila ada yang ingin menjadikan AHY sebagai tokoh representatif. Sebab, meski AHY putra sulung Ketum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, mantan perwira TNI AD itu hingga saat ini bukan merupakan kader parpol.


"Kemarin AHY diundang di Fraksi Demokrat, besok mungkin diundang di Fraksi PKB, besoknya lagi AHY diundang di Fraksi Gerindra, PAN, PPP, atau fraksi lain, bisa saja kemungkinan itu terjadi," kata Putu.

Demokrat 'Jual' AHY ke Fraksi-Fraksi di DPRAHY dalam diskusi Fraksi Demokrat. (Lamhot Aritonang/detikcom)

"Jadi artinya apa? Tugas partai adalah mencarikan figur-figur pemimpin masa depan mengambil alih atau melanjutkan estafet kepemimpinan," sambung Wasekjen Demokrat tersebut.

Putu menilai AHY sebagai sosok calon pemimpin Indonesia. Dari survei Poltracking, AHY menjadi salah satu tokoh yang dinilai publik paling tepat mendampingi Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Selain AHY, ada nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.


"Kita melihat bahwa figur AHY ini sangat tepat juga untuk memimpin Indonesia ke depan terlepas dari tahun berapa ya. Harapan saya, saya ingin ke depan Demokrat menyatakan bahwa inilah figur kita ke depan," tutur Putu.

Seperti diketahui, AHY menjadi pembicara dalam 'Seminar Nasional Generasi Milenial', yang digelar Fraksi Demokrat. Seminar yang bertujuan mengembangkan generasi milenial agar dapat berkompetisi tersebut juga menghadirkan pembicara Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono, Menpora Imam Nahrawi, anggota Komisi X Muslim, serta Waketum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rico Rustombi.
(elz/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed