DetikNews
Sabtu 25 November 2017, 16:11 WIB

Golkar Jabar: Elektabilitas Turun 6%, Berapa Ribu Caleg Akan Gagal?

Yulida Medistiara - detikNews
Golkar Jabar: Elektabilitas Turun 6%, Berapa Ribu Caleg Akan Gagal? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Elektabilitas partai Golkar disebut terjun bebas. Hal itu dilatarbelakangi masalah yang menimpa Ketua Umum Golkar Setya Novanto beberapa waktu belakangan.

"Ya kan memang sudah keriset (diriset, red) 2 bulan yang lalu 18% sekarang 12%, artinya dalam waktu 2 bulan turun 6%, 6% dari 33 juta pemilih kan luar biasa dampaknya, sehingga perjuangan saya hari ini adalah memperjuangkan teman-teman ke depan," kata Ketua DPD I Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2017).


Ia mengatakan jika elektabilitas Golkar di Jawa Barat terus menurun hingga 7%, maka akan berdampak berkurangnya suara nasional Golkar.

"Karena kalau Golkar mengalami penurunan sampai ke angka 7% berarti kan kita kehilangan separuh suara nasional yang 4 berubah jadi 2, yang 8 berubah jadi 4 hitung secara Indonesia berapa ribu itu kader Golkar yang nanti mengalami kegagalan menjadi anggota legislatif di berbagai tingkatan," kata Dedi.

Ia mengaku saat ini tengah melakukan skema penyelamatan suara Golkar di Jawa Barat dan nasional. Karena suara Golkar di Jawa Barat merupakan cerminan suara nasional.


Dedi menyebut para pemilih Jawa Barat memiliki karakter sadar akan informasi di media sosial. Dengan demikian, jika para pemilih usia muda dan kalangan tua terpengaruh berita negatif terkait Setya Novanto saat ini, ia khawatir suara Golkar terus menurun.

"Karena bagaimanapun mereka hari ini membaca berita dalam setiap hari juga punya akses terhadap media sosial inilah langkah-langkah yang dilakukan oleh saya dan teman-teman DPD 1 agar DPP Partai Golkar segera melakukan berbenah," kata Dedi.
(yld/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed