DetikNews
Sabtu 25 November 2017, 06:39 WIB

KSAL Terima Penghargaan Militer dari Pemerintah Singapura

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
KSAL Terima Penghargaan Militer dari Pemerintah Singapura Foto: Dokumentasi KSAL
Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menerima penghargaan militer 'Pingat Jasa Gemilang' dari Presiden Republik Singapura Halimah Yacob. Penghargaan tersebut diberikan kepada Supandi karena dirinya telah berkontribusi besar bagi Angkatan Laut Republik Singapura (RSN).

Supandi mengaku dirinya merasa terhormat dengan pemberian penghargaan tersebut. Penghargaan ini, dikatakan Supandi sebagai sebuah tanda hubungan erat antara Indonesia dengan Singapura sejak 50 tahun lalu.

"Saya sangat senang dan merasa terhormat untuk menerima Pingat Jasa Gemilang, dan ini menandai hubungan yang erat antara kedua negara sejak 50 tahun yang lalu", kata Supandi dalam keterangannya, Jumat (24/11/2017).

Angkatan Laut kedua negara ini telah merayakan hubungan persahabatan bilateral selama puluhan tahun. Kedua angkatan laut juga pernah sama-sama menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan latihan penyapuan ranjau Pasifik Barat yang ke-6 pada bulan Agustus 2015, yang melibatkan 16 negara, dan juga bekerjasama dan berpartisipasi dalam misi bakti sosial yang dilaksanakan di Indonesia dalam payung kegiatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ).

Dibawah kepemimpinannya, TNI AL aktif mengikuti berbagai kegiatan kemaritiman diberbagai kesempatan seperti Pameran Pertahanan Maritim Internasional dan Konferensi Asia 2017 dan peringatan International Maritime Review RSN. Supandi juga berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan kerja sama bilateral dalam bidang kemaritiman dengan mendukung patroli untuk melawan pembajakan di Selat Malaka dan Singapura.

Supandi berada di Singapura sejak tanggal 23-24 November 2017 untuk mengunjungi Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen, Panglima Angkatan Pertahanan Letnan Jenderal Pertahanan Singapura, serta Kepala TNI AL Laksamana Lew Chuen Hong. Sebelum acara penerimaan penghargaan Supandi memeriksa pasukan di kantor Kementerian Pertahanan Singapura.
(yas/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed