DetikNews
Sabtu 25 November 2017, 06:30 WIB

Disambut Sebagai Raja, Jokowi Akan Diulosi dan Manortor

Herianto Batubara - detikNews
Disambut Sebagai Raja, Jokowi Akan Diulosi dan Manortor Presiden Jokowi dan Iriana saat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Solo (Foto: AFP Photo/Anwar Mustafa)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan hadir bersama Ibu Negara Iriana dalam mata ni horja atau puncak pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Medan. Mereka akan diulosi dan ikut manortor.

"Nanti kami akan manortor bersama Pak Jokowi," kata Ketua Panitia Pernikahan Kahiyang-Bobby, Harry Lontung Siregar.

Harry menjelaskan, prosesi mata ni horja ini akan dimulai pukul 09.00 WIB di kediaman Bobby di Bukit Hijau Regency, Taman Setiabudi (BHR Tasbi), Medan.
Kedatangan Jokowi dan Iriana akan disambut meriah dengan tarian tor-tor atau manortor. Kehadiran Jokowi akan disambut sebagai raja, bukan sebagai presiden atau mertua Bobby.

Jokowi akan disambut dengan upacara kebesaran. Gordang Sambilan akan bertalu-talu menyambut kedatangan Jokowi dan rombongan. Jokowi dan Iriana juga akan diulosi dan disuguhi sirih tanda selamat datang.

Setelah itu ada tortor mundur yang akan mengantar Jokowi sampai ke gelanggang acara di dalam tenda besar. "Setelah sampai ke gelanggang, kemudian diulosi oleh raja-raja adat," kata Pemangku Adat Tapanuli Selatan, Pandapotan Nasution.
Acara bakal terus berlanjut dengan prosesi marpangir alias mandi secara adat untuk Kahiyang dan Bobby. Ini adalah proses yang menandai hanyutnya masa remaja Bobby dan Kahiyang. Mereka akan dianggap sebagai orang tua seusai prosesi ini.

Kahiyang dan Bobby akan berjalan kembali ke gelanggang prosesi adat di dalam tenda usai marpangir. Di sinilah akan diberikan gelar adat kepada Bobby dan Kahiyang. Disusul kemudian, ada upacara mangupa alias doa restu, disampaikan dengan sastra Mandailing.

Ada pula ajar poda alias nasihat kepada mempelai. Di sini nantinya Jokowi akan ikut menasihati Kahiyang dan Bobby.

Tortor Somba, mayonda gondang, dan pekik horas tiga kali bakal menutup rangkaian acara adat ini yang dijadwalkan selesai sekitar pukul 12.30 WIB.
(hri/ams)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed