DetikNews
Jumat 24 November 2017, 20:50 WIB

Macet, Lalin Bekasi Arah Jakarta Dialihkan ke Tol Becakayu

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Macet, Lalin Bekasi Arah Jakarta Dialihkan ke Tol Becakayu Lalin macet di Bekasi arah Jakarta (Edward Febriyatri Kusuma/detikcom)
Bekasi - Dinas Perhubungan Kota Bekasi melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Kh Noer Ali, Jakasampurna, Bekasi Barat. Rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan kendaraan dari arah Bekasi.

Pantauan di lokasi Jumat (24/11/2017), petugas Dishub mengatur arus lalu lintas di jembatan Galaxy, Jakasampurna, Bekasi. Kendaraan roda empat dari Bekasi ke Jakarta dialihkan ke Tol Becakayu, sedangkan sepeda motor menyusuri jalan di bawah jalan tol.

Macet, Lalin Bekasi Arah Jakarta Dialihkan ke Tol BecakayuFoto: Edward Febriyatri Kusuma/detikcom
Tol Becakayu ke arah Cawang dibuka gratis untuk umum hingga 30 November 2017. Meski begitu, kendaraan yang melewati tol masih sedikit. Akibatnya, terjadi kemacetan di ruas Kalimalang sisi selatan.

"Iya ini (rekayasa lalu lintas), kita terapkan sejak Kamis kemarin. Sifatnya uji coba selama sepekan ke depan," kata Kadishub Kota Bekasi Yayan Yuliana saat dimintai konfirmasi Jumat (24/11/2017).

Yayan menerangkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan kendaraan. Selain itu, karena pengerjaan fisik jembatan Becakayu sisi Kalimalang.

"Pembangunan sudah berjalan sepekan terakhir ini. Jadi arus kendaraan di Jalan KH Noer Alie kita berlakukan satu arah yang menuju Ahmad Yani, sementara arah sebaliknya melalui koridor sisi selatan Kalimalang," katanya

Macet, Lalin Bekasi Arah Jakarta Dialihkan ke Tol BecakayuFoto: Edward Febriyatri Kusuma/detikcom
Yayan mengatakan, bila uji coba tersebut berhasil, rekayasa arus lalu lintas itu akan dipermanenkan. Kendaraan roda empat diimbau lewat Tol Becakayu.

"Kalau sudah tidak ada permasalahan, pasti dipermanenkan, karena Jalan Tol Becakayu Jakasampurna-Cawang sudah jadi dan beroperasi," katanya.

Menurut Yayan, belum ada protes terhadap rekayasa lalu lintas. Kondisi jalan juga lebih lancar dari biasanya.

"Sejak semalam situasi kondusif dan pengendara tidak ada yang mempermasalahkan rekayasa lalin," pungkasnya.
(edo/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed